Ini Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

by
January 27th, 2013 at 12:28 pm

CiriCara.com - Tidur merupakan kegiatan yang vital bagi setiap orang. Jarang ada orang yang sanggup melewati hari-harinya tanpa tidur.

Tidur merupakan kesempatan kita mengistirahatkan tubuh yang bermanfaat baik secara fisik maupun mental. Namun, tidur yang bermanfaat bukanlah hanya sekadar tidur. Selain waktu, posisi tubuh juga perlu diperhatikan agar kita mendapatkan manfaat istirahat yang lebih optimal.

Tidak sedikit orang yang merasa sakit setelah bangun tidur. Ada pula yang tidak dapat tidur dengan nyenyak sehingga terpaksa terbangun dengan nyeri leher dan punggung yang karena kesalahan posisi tidur. Posisi tidur yang benar dapat melindungi tulang belakang sehingga memungkinkan tubuh untuk berisitirahat secara efektif.

Jangan anggap remeh untuk yang satu ini, sebab posisi tubuh saat tidur memiliki peran yang sangat besar untuk kesehatan sistem saraf serta tulang-tulang kita baik itu tidur pada saat siang maupun malam hari. Posisi tidur yang yang salah malah akan berdampak buruk pada kesehatan seperti masalah tulang belakang yang berakibat pada nyeri leher, sakit punggung, dan sakit kepala.

Ditambah lagi, kelainan tulang belakang ternyata dapat mengganggu fungsi saraf pada tubuh sehingga berakibat lambatnya penyembuhan pada nyeri punggung hingga kegagalan kerja organ sistem kekebalan tubuh. Lalu, bagaimana posisi tubuh yang baik saat tidur?

1. Posisi miring

tidur posisi miring

Pastinya Anda pernah tidur dengan posisi miring. Tidak hanya nyaman, ternyata tidur dengan posisi miring juga merupakan posisi tidur yang baik untuk kesehatan. Tidur dengan posisi miring yang tepat adalah pinggul serta lutut ditekuk sekitar 45 derajat. Tentunya, Anda memerlukan bantal di bawah leher keadaan wajah dan kepala berada dalam posisi proporsional.

2. Posisi telentang

tidur-telentang

Tidur dengan posisi telentang dengan dukungan bantal yang tepat juga baik untuk kesehatan. Bisa juga dengan menambahkan bantal di bawah lutut supaya pinggul lebih fleksibel sehingga lutut dapat menanggung tekanan dari sendi sacroiliac dan tulang belakang lumbar.

Sementara itu, posisi tidur yang tidak bagus untuk kesehatan contohnya adalah tidur dengan posisi tengkurap. Tidur pada posisi tubuh tengkurap membuat Anda harus memalingkan wajah pada salah satu sisi sehingga membuat respon peregangan panjang pada ligamen dan berakibat deformitas ligamen plastik serta kerusakan pada sistem tulang belakang.

Tidur dengan bantal yang terlalu besar juga berbahaya bagi kesehatan. Bantal yang terlalu besar menyebabkan posisi kepala agak maju karena deformitas plastik. Posisi kepala yang agak maju menurunkan kapasitas paru-paru sehingga dapat mengurangi asupan oksigen yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini akan berakibat seseorang akan mengalami sleep apnea atau tidur mendengkur hingga penyakit kardiovaskular.

Posisi kepala yang terlalu maju juga memiliki pengaruh besar dalam sistem pencernaan yang berakibat sembelit, sindrom iritasi usus besar, dan kesulitan dalam penyerapan nutrisi.

(CT)

Comment di sini