CiriCara: 4 Cara Menanggapi Friend Request Orangtua di Facebook

by
January 28th, 2013 at 3:23 pm

4 Cara yang dapat dilakukan untuk menanggapi Friend Request dari orangtua CiriCara.com – Situs jejaring sosial yang sedang mewabah sekarang ini seperti Facebook salah satunya, menjadi sasaran bagi semua kalangan untuk membuat akun di dalamnya. Baik orangtua, hingga anak-anak sekolah dasar, tidak mau ketinggalan untuk menjadi bagian dari Facebook.

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang sudah “berteman” dengan orangtuanya di Facebook, tapi ada pula sebagian anak-anak muda yang merasa tertimpa musibah ketika orangtua mereka membuat akun Facebook kemudian mengirim permintaan sebagai teman (Friend Request) ke akunmu.

Jika kamu salah satu di antara anak muda yang seperti itu, berikut 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi “add as friend” dari orangtuamu itu.

1. Membersihkan akun

Sebelum orangtuamu tiba-tiba mengirimkan friend request ke akunmu, sebaiknya kamu selalu berjaga-jaga. Biasakan selalu membersihkan akunmu dari status-status yang tidak bermutu, foto-foto bersama teman yang mengundang amarah orangtua, ataupun foto-foto “tidak beres” yang di-tag oleh teman-temanmu. Pastikan bahwa profil dalam akun Facebook-mu benar-benar bersih dari hal-hal yang membangkitkan amarah orangtuamu.

2. Menerima Friend Request-nya

Menerima Friend Request dari orangtua

Jika kamu sudah membersihkan akun FB-mu, atau kamu memang benar-benar yakin tidak ada yang rahasia dalam akunmu, maka tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan untuk menerima permintaan pertemanan orangtua-mu di Facebook. Sebab, jika kamu menolak friend request mereka, hal itu malah akan menimbulkan pertanyaan bagi orangtuamu.

3. Kurangi menulis status

Jika sudah menerima orangtuamu dalam daftar Friends List-mu, itulah saatnya kamu mulai membatasi diri berlama-lama bermain Facebook. Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah, intensitas seringnya kamu update status di FB, akan membuat celah bagi orangtuamu untuk memarahimu karena tidak belajar dan lebih memilih internet-an terus.

Selain itu, dari status FB yang kamu tulis, orangtua juga dapat mengontrol masalah apa yang sedang kamu hadapi, yang mungkin sebenarnya, hendak kamu rahasiakan dari orangtua. Sebaiknya, kurangilah intensitas menulis status dan update Facebook.

4. Blokir akun orangtuamu

Cara keempat ini adalah pilihan terakhir untuk dilakukan. Kamu boleh melakukan cara keempat ini, hanya jika kedapatan bahwa orangtuamu mau “berteman” di Facebook untuk memantau kegiatan dan gerak-gerikmu saja, mau tidak mau, kamu harus memblokir akun orangtuamu dari profilmu, supaya mereka tidak dapat melihat update di wall-mu. Jika kamu ingin unggah foto bersama teman-teman, jangan lupa masukan nama akun orangtuamu dalam kolom “Hide This From”.

Itulah keempat cara yang dapat kamu lakukan ketika terkejut orangtuamu punya akun Facebook dan meminta kamu masuk dalam daftar teman mereka. (yk)

Yahoo

Comment di sini