CiriCara: Cara Alami Mengobati Asam Urat

by
January 28th, 2013 at 4:16 pm

asam uratCiriCara.comAsam urat atau rematik gout merupakan penyakit yang sudah ada dari zaman dahulu. Penyakit ini bisa diderita oleh hampir semua golongan baik muda maupun tua. Namun, pada umumnya penyakit ini menyerang orang-orang yang sudah tua.

Asam urat sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu dan menjadi salah satu penyakit tertua yang dikenal manusia. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya nyeri berulang di persendian. Rasa nyeri itu muncul akibat adanya endapan kristal monosodium urat sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat dalam darah.

Gejala lain ketika seseorang mengalami asam urat yaitu kesemutan dan linu, nyeri terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur, sandi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi. Untuk mengatasinya, ada cara alami yang bisa dilakukan oleh penderita asam urat.

Bagaimana? Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara alami mengobati asam urat:

1. Jahe merah

Jahe merah atau herbal anti peradangan. Jahe merah bisa meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. Selain itu, jahe merah juga membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

2. Teh hijau

cara alami mengobati asam urat

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai anti oksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Dilansir Majalahkesehatan.com, riset yang dilakukan oleh University of Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah memproduksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.

3. Daun salam

Cara tradisional lain yaitu menggunakan daun salam. Anda bisa merebus 7 lembar daun salam dan dicampur dengan 2 gelas air. Rebus hingga menjadi 1 gelas dan bisa Anda minum pada pagi dan sore hari.

4. Cuka apel dan madu

Anda juga bisa menggunakan cuka apel yang sudah jadi dan dicampur dengan madu. Campurkan dua sendok makan cuka apel dan satu sendok makan madu. Campurkan kedua bahan tersebut dengan menggunakan air hangat dan Anda bisa meminumnya selama 1 minggu.

5. Sirsak

Buah sirsak juga bisa mengatasi asam urat. Anda bisa memakannya langsung atau dijus. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari untuk mengatasi asam urat yang dialami.

6. Labu siam

Anda bisa menggunakan labu siam untuk mengobati asam urat yang dialami. Caranya, parut labu siam kemusian saring dan ambil airnya. Anda bisa meminum air dari labu siam itu setiap hari.

Itulah cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati asam urat. Selain itu, bagi si penderita juga dilarang untuk mengonsumsi berbagai makanan, seperti makanan laut, jeroan, daging, telur, dan kacang-kacangan. (NR)

Comment di sini