CiriCara: Cara Membuat Dompet Terlihat Tipis

by
January 28th, 2013 at 1:52 pm

dompet tipisCiriCara.com – Seberapa “gendut” dompet Anda? Pernahkah Anda terpikir untuk menanyakan pertanyaan itu kepada diri sendiri.

Anda tentu akan senang jika dompet Anda karena “gendut” karena dompet Anda tidak mampu menampung banyaknya uang Anda. Tapi, apa yang akan terjadi jika dompet Anda hanya “gendut” karena kertas tidak penting atau kebiasaan buruk Anda?

Sebagian dari kita sekalian mungkin merasa bahwa dompet adalah “benda ajaib” yang bisa menampung berbagai macam barang penting yang Anda butuhkan. Tidak jarang pula, banyaknya benda di dompet Anda menyebabkannya sulit untuk ditutup.

Hal ini tentu saja memberikan dampak buruk karena ada kemungkinan Anda kehilangan benda-benda penting. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini cara menata isi dompet yang benar agar terlihat tipis :

1. Pisahkan uang receh dan uang kertas

Setelah berbelanja, seringkali Anda mendapatkan kembalian uang kertas dan uang receh. Beberapa dari Anda mungkin sering lupa atau malas untuk memisahkan kedua jenis uang tersebut.

Jika Anda termasuk dalam orang golongan tersebut, ada baiknya jika dari sekarang Anda mengubah kebiasaan itu. Tatalah uang kembalian langsung setelah bertransaksi. Lupakan ide untuk menata di rumah, karena ada kemungkinan Anda lupa dan sibuk dengan kegiatan lainnya.

2. Seleksi kartu yang dibutuhkan

Beberapa wanita merasa senang mengisi dompetnya dengan berbagai macam kartu, terutama kartu belanja yang bisa memberikan potongan. Anda bisa bayangkan seberapa besar dompet itu jika ditambah dengan KTP, kartu ATM, kartu kredit, kartu nama, dan kartu keanggotaan.

Banyaknya kartu itu adalah adalah faktor utama yang membuat dompet Anda penuh. Anda bisa membawa kartu yang benar-benar penting dan dibutuhkan dan sisanya Anda bisa tinggalkan di rumah. Untuk kartu nama, Anda bisa menyimpannya di tempat khusus kartu nama atau mencatat kontak klien di ponsel/buku telepon agar lebih efisien dan mudah dihubungi.

3. Buang kertas yang tidak penting

Anda tidak sadar bahwa bukti transaksi setelah berbelanja dan di ATM sering memenuhi dompet Anda. Memang kertas-kertas itu terlihat kecil, namun jika ditimbun di dalam dompet bisa membuat dompet Anda penuh. Anda bisa menyimpan beberapa kertas bukti transaksi penting seperti tanda bukti transfer.

Namun, ingatlah untuk membuangnya jika sudah tidak diperlukan lagi. Ada baiknya jika Anda membuat jangka waktu maksimal kertas yang penting tersebut untuk disimpan. Waktu paling efektif adalah 5-7 hari setelah transaksi dilakukan.

Isi dompet Anda secara langsung menunjukkan kepribadian Anda sendiri. Dompet Anda yang penuh sampai sulit untuk ditutup menunjukkan Anda belum pandai mengatur keuangan.

Oleh karena itu, mulailah mengatur dompet Anda dari sekarang karena hal itu mengasah kepandaian Anda dalam mengatur keuangan di masa depan. (MN)

Comment di sini