CiriCara: Cara Mengetahui Mobil Pernah Terendam Banjir atau Tidak

by
January 28th, 2013 at 3:25 pm

mobilbekas terendam banjirCiriCara.com – Bukan hanya rumah-rumah yang terendam oleh banjir, tapi beberapa mobil juga ikut terendam akibat banjir yang terjadi pada pertengahan Januari 2013 kemarin. Mobil-mobil yang terendam banjir itu mungkin diperbaiki oleh pemiliknya. Namun untuk menggunakannya kembali, si pemilik akan berpikir ulang.

Si pemilik mungkin akan berniat menjualnya karena berbagai alasan, seperti takut bermasalah lagi pada mesinnya, bau, atau dianggap ‘mobil sial’. Dilansir Otomotif.Kompas.com, Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua mengatakan bahwa akibat banjir yang melanda kota Jakarta pada Kamis (17/1/13), banjir susulannya adalah tawaran mobil bekas kebanjiran.

Mobil yang terendam banjir itu sebisa mungkin diperbaiki agar bisa dihidupkannya kembali. Setelah itu, mungkin si pemilik akan menjual mobil yang pernah terendam banjir tersebut. Jika Anda ingin membeli mobil bekas, maka berhati-hatilah untuk memilihnya. Jangan sampai mobil yang Anda beli itu merupakan mobil yang pernah terendam banjir.

Berikut tips yang diberikan oleh Herjanto agar Anda bisa mengetahui mana mobil yang bekas terendam banjir dan mana yang tidak:

1. Bau interiornya

mobil terendam banjir

Jika mobil tersebut memiliki bau atau aroma interior yang tidak wajar, seperti bau bekas terendam, maka lebih baik mencari mobil lain saja. Walaupun penampilan mobil masih terlihat seperti baru, namun Anda harus tetap mencari mobil lain karena mobil tersebut dipastikan pernah terendam banjir.

2. Perhatikan karpet bagasi hingga terlihat ban cadangan

Anda harus memperhatikannya baik-baik. Jika ada sedikit lumpur yang tersisa, maka Anda patut mencurigai mobil tersebut. Bisa jadi mobil tersebut bekas terendam banjir.

3. Perhatikan karet pintu yang menempel pada bodi

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan karet pintu yang menempel pada bodi, bukan pada pintu. Tarik karetnya, perhatikan apakah ada pasir atau lumpur yang menempel atau tidak. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel jika Anda tak ingin tertipu oleh si penjual.

4. Perhatikan karpet interior

Kotoran dan noda bekas banjir biasanya mengendap di balik karpet interior. Untuk itu, Anda harus memeriksa dan memperhatikannya apakah terdapat lumpur yang menempel atau tidak.

5. Perhatikan STNK

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah STNK-nya. Anda harus memperhatikan lokasi rumahnya, rawan banjir atau tidak. Bila perlu tanyakan si pemilik apakah sudah di balik nama atau belum untuk mengetahui lebih jelas.

Itulah cara mengetahui mobil bekas banjir atau bukan. Walaupun harga yang ditawarkannya cukup murah, namun Anda harus tetap jeli memilih mobil bekas. Mungkin saja si penjual menjual murah karena mobil tersebut bekas terendam banjir. (NR)

Comment di sini