CiriCara: Cara Mengontrol Diabetes Karena Faktor Keturunan

by
January 28th, 2013 at 1:57 pm

ajak anak untuk hidup sehatCiriCara.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang lebih banyak menyerang orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Penyakit kencing manis ini bisa menjadi penyakit kronik yang menakutkan karena memicu penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, dan pembuluh darah tepi.

Diabetes 1 dan 2 itu berbeda. Diabetes tipe 2 biasanya disebakan karena seseorang memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Diabetes tipe 2 ini biasanya juga menyerang orang dewasa yang usianya lebih dari 35 tahun. Sedangkan diabetes tipe 1 merupakan jenis diabetes yang banyak meyerang anak-anak yang belum berusia 20 tahun.

Diabetes tipe 1 susah dicegah dan diprediksi karena penyebabnya merupakan kelainan genetik yang dibawa sejak lahir. Kelainan tersebut biasanya diturunkan oleh orangtua yang menderita diabetes, di mana pankreas tidak mampu bekerja dengan baik sehingga produksi insulin berkurang.

Jika salah satu orangtua menderita diabetes, maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan kesehatan anak. Dilansir Health.Detik.com yang mengutip dari readersdigest, berikut cara mengontrol diabetes karena faktor keturunan:

1. Memfasilitasi perubahan diet anak

olahraga bersama anak

Orangtua harus memastikan bahwa si anak menyukai berbagai makanan sehat untuk mencegah memburuknya diabetes tipe 1. Fluktuasi kadar glukosa bisa menyebabkan anak lebih menyukai makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti, kue, dan permen. Untuk itu, Anda harus bisa menasihati anak agar bisa mengurangi makanan yang banyak mengandung gula tersebut karena bisa menyebabkan lonjakan gula darah, mulut jadi kering, kelelahan, dan sakit perut.

Alangkah baiknya untuk memberikan anak makanan yang bergizi, seperti beragam jenis buah-buahan dan sayuran. Untuk mengurangi asupan karbohidrat, Anda bisa menggunakan pemanis alami, seperti xylitol dan stevia yang merupakan pilihan aman untuk anak-anak. Selain itu, pilih juga makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, kelapa, dan almond.

2. Memberikan suplemen multivitamin

Suntikan reguler insulin merupakan pengobatan yang paling tepat untuk diabetes tipe 1. Namun, Anda juga bisa membantu meminimalkan komplikasi, seperti kerusakan pada mata, ginjal, dan jantung dengan memberikan suplemen multivitamin. Meskipun tidak bisa mengganti insulin, namun multivitamin harian yang mengandung kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, B kompleks, vitamin C, D, dan E, dan asam lemak omega 3 bisa membantu si anak mengatur gula darahnya. Bila perlu, konsultasikan dahulu kepada dokter atau ahli gizi agar si anak mendapatkan suplemen yant tepat.

3. Mengajaknya aktif berolahraga

Olahraga bukan hanya membantu mengontrol berat badan anak, tapi juga bisa membuat tubuh lebih banyak menggunakan glukosa untuk menghasilkan energi, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan mengurangi kebutuhannya akan insulin. Untuk itu, Anda perlu mengajak si anak melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan, seperti bersepeda, berenang, bermain basket atau sepak bola, dan olahraga lainnya.

Itulah cara membantu anak mengelola diabetes tipe 1. Bagaimanapun juga, Anda sebagai orangtua harus membiasakan si anak dengan pola hidup yang sehat. (NR)

Comment di sini