Foto+Video: Kebakaran di Klub Malam Brazil Tewaskan 232 Orang

by
January 28th, 2013 at 9:26 am

CiriCara.comMinggu (27/1/13) kemarin, ratusan orang yang sebagian besar adalah mahasiswa tewas mengenaskan dalam insiden kebakaran dahsyat di sebuah klub malam yang bernama Kiss di Santa Maria, Brazil Selatan.

Pasalnya, kota Santa Maria di Brazil ini memang terkenal sebagai kotanya Universitas, karena sebagian besar populasinya adalah para mahasiswa.

Sedangkan klub malam Kiss disebutkan sebagai klub malam ilegal karena tidak dilengkapi dengan pertunjuk yang jelas seperti pintu keluar, toilet; selain itu, pemadam kebakaran gedung juga tidak berfungsi. Hal ini menyebabkan banyak korban yang malah masuk ke toilet saat terburu-buru ingin menyelamatkan diri keluar gedung yang terbakar tersebut.

Menurut keterangan saksi mata, kejadian mengenaskan Minggu dini hari itu, disebabkan oleh semburan kembang api yang dinyalakan pada saat penampilan sebuah band yang turut memeriahkan klub malam tersebut.

Percikan api dari kembang api itu membakar busa-busa di langit-langit klub malam tersebut yang berfungsi sebagai peredam suara. Alhasil, api pun membesar dan tidak dapat dipadamkan.

Ironisnya, para pengunjung klub yang sudah panik dan berusaha keluar bangunan sambil berteriak-teriak kebakaran, malah dihadang oleh petugas keamanan klub tersebut dengan menutup pintu keluar, karena dikhawatirkan para pengunjung itu belum membayar minuman yang mereka minum saat di dalam. Itulah yang mengakibatkan ratusan orang terjebak di dalam bangunan yang terbakar.

Beberapa saat setelah itu, 5 sampai 6 orang berhasil mendobrak pintu, sehingga orang-orang yang terjebak di dalamnya dapat keluar. Para penjaga pun akhirnya sadar bahwa klub tersebut sedang dilalap api.

Menurut keterangan saksi, orang yang sudah berhasil keluar segera menarik orang lain, dan penjaga pun ikut membantu menyelamatkan orang yang dapat diselamatkan.

Meski demikian, kabar terakhir yang dikutip dari Dailymail.co.uk, menyatakan 232 orang tewas, yang terdiri atas 120 pria dan 112 korban wanita. Selain itu, 116 orang mengalami luka-luka dan 7 di antaranya dalam kondisi kritis di rumah sakit. Sebagian besar korban memiliki rentang usia antara 16 hingga 20 tahun.

Kejadian ini merupakan peristiwa paling mematikan selama 1 dekade terakhir dalam kasus kebakaran klub malam yang pernah terjadi. Berikut foto-foto kekacauan pada waktu orang-orang berhasil berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

imagebam.com
Sumber foto: AFP/Getty Images

imagebam.com
Sumber foto: Reuters

imagebam.com
Sumber foto: AP

imagebam.com
Sumber foto: AFP/Getty Images

imagebam.com
Sumber foto: Reuters

imagebam.com
Sumber foto: AFP/Getty Images

imagebam.com
Sumber foto: AFP/Getty Images

imagebam.com
Sumber foto: Splash

Berikut ada video rekaman pasca kejadian naas itu berlangsung.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini