Kronologi Penangkapan Raffi Ahmad Dkk.

by
January 28th, 2013 at 9:13 am

ciricara.com_raffi_ahmad_ditangkap_bnnJakarta (CiriCara.com) – Minggu pagi, 27 Januari 2013, terjadi penggerebekan di rumah Raffi Ahmad, Jl Gunung Balong, Kavling VII Nomor 16-I, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Di antara 17 orang yang diamankan dari rumah presenter acara musik Dahsyat itu, ada beberapa artis yang juga ikut tertangkap antara lain Wanda Hamidah, Zaskia Sungkar, dan suaminya Irwansyah. Para artis ini ditangkap karena diduga telah terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Dilansir dari Detik.com, berdasarkan keterangan para penyidik BNN, mereka telah mengintai rumah Raffi Ahmad sejak pukul 04.00 WIB.

Saat subuh ketika pesta berlangsung, suara musik masih terdengar sangat keras dari pengeras suara. Sementara beberapa mobil mewah berada di sekitar rumah Raffi Ahmad.

Para anggota BNN bersiaga di sekitar lokasi target dan beberapa orang lain berusaha untuk menjemput Ketua RT untuk menjadi saksi penangkapan warganya.

Menurut keterangan dari penyidik, saat dilakukan penangkapan, beberapa orang masih tampak terlena karena narkoba di dalam rumah Raffi Ahmad.

“Ada beberapa yang tertawa saat tim masuk, tapi mereka langsung terdiam ketika anggota menyebutkan dari BNN. Ada beberapa yang masih on,” kata salah seorang penyidik kepada Detik.com, di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Minggu, 27 Januari 2013.

Petugas juga mengatakan bahwa pesta yang digelar di rumah Raffi Ahmad adalah pesta yang kelanjutan yang sebelumnya diadakan di sebuah kafe di Kemang, Jakarta Selatan. Pesta yang diadakan Raffi dan temannya tersebut berlangsung dari pukul 01.00 WIB.

“Pukul 03.00 WIB mereka melanjutkan di rumah Raffi,” kata penyidik.

Tes Urine

Ketika dilakukan pemeriksaan, ruangan tersebut dijaga oleh petugas BNN dan tim laboratorium. Para tersangka diambil sampel urine- nya untuk mengetahui kadar narkoba yang ada dalam tubuh mereka.

Pada pukul 06.00 WIB, kedua artis lain yaitu Zaskia Sungkar dan Irwansyah datang ke tempat Raffi Ahmad dan akhirnya ikut diperiksa.  Namun berdasarkan keterangan dari Zaskia dan Irwansyah, mereka datang ke kediaman Raffi hanya untuk membicarakan masalah kerja sama rumah produksi dengan Raffi.

Rumah Raffi Ahmad bukan hanya sekali itu saja dijadikan tempat berkumpul teman-temannya. Namun sayangnya, penyidik enggan memeriksa lebih lanjut untuk membuktikan kesalahan Raffi Ahmad.

Komjen Anang Iskandar, selaku Kepala BNN membenarkan bahwa Raffi Ahmad tengah melakukan pesta narkoba dengan kawan-kawannya.

“Ya mereka lagi pesta-pesta begitu,” kata Anang usai konferensi pers di Kantor BNN kepada Detik.com.

Dari hasil penggerebekan itu petugas menemukan 14 butir MDMA atau ekstasi dan 2 linting ganja di dalam kamar Raffi.  MDMA adalah sejenis ekstasi yang diperuntukkan bagi keperluan medis dan dipakai oleh ahli jiwa.

Sementara dari hasil pemeriksaan urine terdapat lima orang yang diindikasikan telah mengkonsumsi narkoba. Untungnya tidak ada nama Raffi Ahmad,Zaskia Sungkar, Irwansyah, dan Wanda Hamidah dalam daftar itu. Namun, apabila terbukti, mereka yang mengetahui adanya narkoba namun tidak melaporkan kepada polisi juga bisa dikenai hukuman.

Komentar Orang

Sampai saat ini, pihak BNN masih terus melakukan pemeriksaan spesimen dari seluruh barang bukti yang diamankan lewat penggerebekan yang menurut sejumlah pihak merupakan jebakan untuk menjerumuskan Raffi Ahmad tersebut.

Belum ada keterangan jelas tentang kehadiran Wanda Hamidah yang merupakan anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN di rumah Raffi kala itu. Ada yang menduga ia berada di sana karena Raffi Ahmad juga tengah digaet sebagai calon anggota DPR dari PAN. Namun ada pula yang berpendapat Raffi sedang mendekati Wanda yang telah resmi berstatus janda.

Wakil Bupati DKI Jakarta Basuki T. Purnama atau yang akrab disapa Ahok berpendapat Wanda sedang menjadi “mata-mata” narkoba saat penggerebekan berlangsung karena ia yakin Wanda sangat tidak setuju terhadap penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu, nama Raffi Ahmad yang paling sering disebut media massa membuatnya menjadi salah satu trending topic di Twitter. Banyak orang yang membicarakannya di jagat maya. Rekan kerja sekaligus sahabat Raffi, Olga Syahputra, juga turut memberi perhatian terhadap kasus ini. “Live dahsyat jam 7 tanpa rafi sedih bgt,” kicau Olga.

Olga mengaku terus menangis karena memikirkan Raffi yang ditangkap polisi. (RN)

Comment di sini