Miroslav Janu Diduga Meninggal Karena Rokok

by
January 28th, 2013 at 9:22 am

Miroslav JanuSurabaya (CiriCara.com) – Pelatih Persebaya Divisi Utama (DU) Miroslav Janu diketahui meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung. Menurut dokter, serangan jantung tersebut disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Miroslav Janu yang merupakan pelatih asal Republik Ceko itu diketahui mengidap penyakit jantung koroner. Dan menurut dunia medis, ada lima penyebab utama terjadinya serangan akut jantung koroner yang merupakan penyakit paling mematikan.

Menurut konsultan kardiologi RSI dr Budi Arief W, SpJP, dari kelima penyebab tersebut rokok menjadi nomor satu. Kemudian penyebab lainnya adalah tingginya kolesterol, diabetes, hipertensi, dan riwayat keturunan penyakit jantung di keluarga.

“Ada lima penyebab serangan jantung koroner. Nomor satu adalah kebiasaan merokok,” ujar Budi, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (28/1/2013).

Saat masih hidup, Janu dikenal memiliki kebiasaan merokok. Janu sering terlihat merokok sambil duduk dan suka minum minuman bersoda. Kebiasaan ini sering dilakukan Janu saat bersama dengan asisten pelatih Tony Ho.

“Saya kenal Janu ketika di PSM Makassar pada 2003. Memang kebiasaan merokok (Janu) sudah lama,” tutur Tony,

Sementara itu, Manajemen Persebaya Divisi Utama sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga Janu yang berada di Republik Ceko. Rencananya, jenazah Janu akan segera dipulangkan ke negaranya pada Senin (28/1/2013) ini.

“Tapi istrinya minta dikremasi di sini (Surabaya). Kami terus berkomunikasi lewat telepon dan email,” tutur Diar Kusuma perwakilan dari Persebaya.

Namun, hingga saat ini belum ada perwakilan dari pihak keluarga yang datang ke Indonesia untuk menjemput jenazah Janu. “Kami masih menunggu dari istri Janu. Kapan mau datang ke Surabaya, kami menunggu dan siap,” ujar Manajer Persebaya DU, Bambang Pramukantoro.

(YG)

Comment di sini