CiriCara: Cara Agar Tidak Mudah Terpancing Emosi

by
January 29th, 2013 at 5:01 pm

cara agar tak mudah terpancing emosiCiriCara.com – Semakin sering Anda emosi dan menyimpan perasaan negatif, secara tidak sadar perilaku juga akan menjadi buruk. Perasaan emosi atau ingin marah pada seseorang tentunya pernah dirasakan oleh sebagian besar orang.

Namun, cara mereka meluapkan emosinya itu berbeda-beda. Ada yang langsung berbicara kasar kepada orang yang bersangkutan, menyelesaikannya secara baik-baik, dan ada juga yang melakukan hal positif untuk melampiaskan emosi yang dirasa.

Mendengar gosip dari orang lain mengenai diri kita tentunya akan membuat emosi jadi terpancing. Tapi alangkah baiknya untuk bisa mengendalikan emosi itu. Bagaimana caranya? Dilansir Kompas.com, inilah cara agar emosi tidak mudah terpancing:

1. Menjaga jarak

Anda harus bisa menjaga jarak dengan orang-orang yang membuat emosi terpancing. Cara ini merupakan langkah awal yang bisa menyelamatkan Anda dari serangan emosi negatif dalam diri. Dengan menjaga jarak, Anda bisa melihat situasi lebih objektif, bukan menanggapinya dengan penuh amarah.

2. Kenali perasaan diri sendiri

ingin marah

Saat sikap atau ucapan seseorang memancing emosi, kenali lagi perasaan Anda. Apakah menyimpan emosi itu membuat Anda jadi lebih baik dan merasa benar? Jika ini terjadi, maka bisa diartikan kalau Anda sedang membela diri. Semakin lama Anda menyimpan emosi negatif dan membela diri, tentunya semakin membuat diri Anda merasa lelah. Untuk itu, lepaskan saja emosi negatif tersebut karena tak akan membawa pengaruh baik.

3. Jangan berasumsi

Apapun yang orang lain katakan atau perbuat, jangan langsung berasumsi bahwa hal tersebut berkaitan dengan diri Anda. Selain itu, jangan juga mudah tersinggung dengan sikap orang lain. Anda harus bisa berpikiran positif dan tidak berprasangka buruk kepada orang lain. Dengan begitu, emosi Anda tidak akan mudah terpancing oleh siapapun.

4. Mengalihkan emosi

Jika ada orang lain mennyinggung perasaan Anda, maka jangan hanya berdiam diri untuk menyimpan perasaan emosi itu. Namun, jangan juga Anda melampiaskan kepada orang lain yang sebenarnya tidak tahu-menahu akan hal itu. Sebaiknya, Anda alihkan emosi tersebut dengan cara yang lebih positif. Lakukan cara-cara yang membuat Anda merasa tenang, seperti mendengarkan musik, bermain games, atau cara lainnya. Dengan begitu, emosi negatif Anda akan teralihkan.

Itulah cara agar tak mudah emosi. Jika sudah terlanjur emosi, maka lampiaskanlah dengan cara yang positif saja atau Anda bisa bicara langsung kepada orang yang bikin emosi secara baik-baik. Dengan begitu, pertengkaran tidak akan terjadi antara Anda dan mereka yang membuat emosi Anda terpancing. (NR)

Comment di sini