CiriCara: Cara Cek Teman Facebook yang Memutus Hubungan Pertemanan

by
January 29th, 2013 at 9:02 am

facebook_unfriend_finder1CiriCara.com - Mungkin tidak semua pengguna Facebook tahu siapa teman Facebook yang menghapus akun Facebooknya dari daftar teman. Bahkan hanya sedikit yang tahu tentang hal itu. Sayangngya, belum ada aplikasi resmi dari Facebook untuk mengetahui siapa yang memutus hubungan pertemanan di Facebook.

Namun, bukan berarti tidak ada pihak lain yang menciptakan aplikasi dengan tersebut. Kini para pengguna Facebook dapat mengetahui siapa teman Facebook yang menghapusnya dari daftar pertemanan dengan menggunakan aplikasi “Unfriend Finder”.

Aplikasi tersebut memang bukan aplikasi yang dibangun oleh teknisi Facebook, jadi untuk menggunakannya Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut, maka secara otomatis akan muncul tulisan “unfriend” yang terletak di kanan atas. Biasanya dalam tampilan normal, tampilan Facebook yang berada di sebelah kanan hanya terdiri dari pilihan beranda serta nama akun yang Anda miliki. Tetapi, jika sudah mengunduh aplikasi tersebut, maka akan muncul tiga kolom yang terletak di pojok kanan atas, yaitu nama akun, beranda, serta “unfriend”.

Aplikasi ini akan berfungsi dan memunculkan notifikasi berwarna merah apabila ada teman Facebook Anda yang menolak permintaan pertemanan Anda ataupun yang menghapus Anda dari daftar teman.

Namun ada yang perlu Anda ingat adalah sebelum menginstal aplikasi tersebut. Sebab, bisa saja aplikasi tersebut malah berdampak merusak hubungan pertemanan Anda di dunia nyata setelah Anda mengetahui siapa yang menghapus akunnya dari daftar teman Anda ataupun menolak pertemanan dengan Anda di dunia maya.

Meskipun demikian, ternyata tidak sedikit pula orang-orang yang telah mengunduh aplikasi tersebut. Sampai saat ini aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 44 juta pengguna Facebook di seluruh dunia. Bila Anda ingin mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut maka Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Anda dapat memulainya dengan membuka Unfriend Finder di Userscripts.org.
2. Anda tidak perlu memilih “install”, pilih saja tulisan “how do I use this?”
3. Untuk dapat menginstal add-on pada browser, Anda dapat mengeklik “greasemonkey”
4. Bila proses instal telah selesai, restart kembali browser Anda supaya add-on dapat berfungsi.
5. Kemudian, kembali pada langkah pertama dan klik “Current version: Version 35-Official Website” yang berada di tengah-tengah halaman situs.
6. Jika proses instalasi telah selesai, Anda dapat mengecek kembali halaman Facebook Anda pada bagian pojok kanan atas maka akan muncul tulisan “unfriend” di samping beranda Facebook.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah aplikasi itu tidak dapat digunakan kembali bila Facebook mengubah konfigurasinya suatu hari, sebab aplikasi tersebut menggunakan userscripts. Untuk itu, mau tak mau Anda harus menerima konsekuensi tersebut. (CT)

Comment di sini