Foto+Video: Bukti Kehebatan Militer Amerika Serikat

by
January 29th, 2013 at 1:44 pm

CiriCara.com – Negara adidaya seperti Amerika Serikat, tidak pernah merasa puas pada teknologi yang sudah mereka miliki.  Sehingga Negeri Paman Sam ini terus mengembangkan diri, baik dari segi persenjataan, pertahanaan, dan teknologi informasi.

Bukti nyata dari upaya pengembangan yang terus dilakukan Amerika adalah dengan diciptakannya ARGUS-IS.

ARGUS-IS ini merupakan sejenis kamera pengintai yang sangat canggih milik Militer Amerika Serikat. Kamera yang dilengkapi dengan sistem pengawasan yang akurat dan 225 kali lebih sensitif dibandingkan kamera iPhone ini, mampu melacak gerakan benda-benda kecil dari jarak ketinggian sekitar 5 km.

Hebatnya lagi, dengan ketinggian 5 km itu, kamera ini mampu melihat benda sekecil 15 cm di atas tanah dengan kualitas gambar 1.800 mega piksel.

Kamera super canggih ini mampu melacak keberadaan semua orang ataupun benda di seluruh kota seperti Street View milik Google. Selain itu, sistem yang tajam untuk mengawasi, membuat ARGUS-IS ini sampai mampu melihat benda dibawa oleh seseorang.

Kemampuan membesarkan gambar (zoom in) pada kamera ini hingga 65 kali. Sehingga tidak heran kalau dengan kamera pengintai ini, militer Amerika mampu melihat apa yang sedang dilakukan seseorang termasuk barang bawaannya.

Proyek besar senilai 18,5 juta dollar AS (sekitar 180 miliar rupiah) ini didanai oleh Pentagon’s Defense Advanced Research Projects Agency (Darpa).

Teknisi BAE, Yiannis Antoniades mengatakan bahwa penting adanya untuk menunjukkan kecanggihan seperti yang dimiliki ARGUS-IS ini, supaya publik tahu bahwa kecanggihan teknologi seperti itu, memang benar-benar ada.

Sudah dapat dipastikan, dengan adanya ARGUS-IS ini, maka membawa keuntungan tersendiri bagi Militer Amerika Serikat, khususnya jika mengintai area peperangan di tanah musuh. Ataupun, pengintaian terhadap teroris dan penjahat-penjahat kelas kakap lainnya.

Berikut foto-foto yang dihasilkan dari ARGUS-IS

BAE/Daily Mail

BAE/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

PBS/Daily Mail

Dan berikut adalah video penjelasan tentang kecanggihan ARGUS-IS.

(yk)

Daily Mail