Hacker Penjebol Situs SBY Ternyata Lulusan SMK

by
January 29th, 2013 at 2:04 pm

Situs SBY Diretas Hacker JemberJakarta (CiriCara.com) – Pihak kepolisian akhirnya berhasil menangkap hacker yang telah meretas situs www.presidensby.info, beberapa hari yang lalu. Pelaku yang meninggalkan identitas sebagai “Jember Hacker” itu diketahui bernama Wildan.

Menurut Kapolres Jember AKBP Jayadi, Wildan ditangkap di sebuah warnet di Jember. Diketahui bahwa Wildan merupakan pegawai dari warnet tersebut. “Sudah diamankan oleh Bareskrim Mabes Polri beberapa hari lalu,” kata Jayadi, seperti dikutip dari detik.com.

Menurut pelacakan yang dilakukan Id-SIRTII, lokasi IP Address dan DNS yang digunakan oleh Wildan bukan dari Indonesia. Wildan menggunakan IP Address dan DNS dari Texas, Amerika Serikat agar tidak bisa dilacak oleh petugas.

Situs resmi Presiden SBY diretas oleh Wildan pada Rabu (9/1/2013) lalu. Setiap orang yang berkunjung ke situs presidensby.info pasti akan mendapati halaman bertuliskan “Jember Hacker Team” dengan background warna hitam. Bahkan, kejadian ini berlangsung sebanyak dua kali.

Siapa sebenarnya Wildan? Berikut profil singkat Wildan seperti dikutip dari detik.com:

Nama lengkap: Wildan Yani Ashari
Pendidikan: SMK Teknologi Pembangunan
Alamat: Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, Jember

Wildan diyakini mendapatkan kemampuan IT karena belajar secara otodidak. “Sebab di sekolah, prestasi komputernya biasa-biasa saja. Apalagi dia kan bukan jurusan komputer, tetapi teknik bangunan,” kata Kabag Kesiswaan SMK Teknologi Balung, Sunarso, Selasa (29/1/2013).

Saat ini Wildan sudah berhasil diamankan oleh tim Cyber Crime Mabes Polri. Namun, hingga saat ini belum diketahui apakah Wildan bergerak dalam suatu kelompok atau hanya perseorangan saja.

(YG)

Comment di sini