Iran Berhasil Luncurkan Monyet ke Luar Angkasa?

by
January 29th, 2013 at 9:15 am

CiriCara.com – Sekarang ini, beberapa negara mulai dan terus melakukan pengembangan untuk menyaingi Amerika Serikat dalam bidang penjelajahan luar angkasa. Sebut saja Korea Utara yang belum lama ini heboh akibat peluncuran roket yang dilakukannya.

Daily Mail

Daily Mail

Kini, Iran pun tidak mau kalah. Dikabarkan oleh beberapa media online, Iran berhasil meluncurkan seekor monyet ke luar angkasa dengan sebuah roket, dan monyet tersebut berhasil kembali ke Bumi dengan selamat pula.

AFP/Getty Images/Daily Mail

AFP/Getty Images/Daily Mail

AFP/Getty Images/Daily Mail

AFP/Getty Images/Daily Mail

Sayangnya berita kembalinya monyet tersebut dengan selamat ke Bumi, tidak diawali dengan kepastian kabar pengumuman peluncuran roket yang akan membawa monyet itu ke luar angkasa.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, monyet tersebut diterbangkan dengan roket Kavoshgar yang meluncur hingga mencapai ketinggian 120 km.

AFP/Getty Images/Daily Mail

AFP/Getty Images/Daily Mail

Menteri Pertahanan Iran, Ahmad Vahidi pun mengatakan bahwa kesuksesan menerbangkan seekor monyet ke luar angkasa merupakan langkah awal untuk mengirim manusia ke luar angkasa. Di mana, menerbangkan manusia ke luar angkasa menjadi misi utama yang dijadwalkan akan terealisasi pada tahun 2020.

Sebenarnya tidak hanya monyet yang pertama kali diterbangkan ke luar angkasa. Sebelumnya, Iran juga pernah melakukan uji coba penerbangan pada tikus, cacing, dan kura-kura dengan roket Kavoshgar 3 tahun 2010 lalu.

Bahkan, di tahun 2011, seperti yang diungkapkan Presiden Mahmoud Ahmadinejad, Iran sudah pernah mencoba merancang sebuah kapsul luar angkasa untuk menerbangkan seekor monyet ke luar angkasa, namun sayang, misi itu tidak berhasil.

Akan tetapi, Amerika Serikat, negara yang terkenal paling maju di bidang penjelajahan luar angkasa, malah menganggap upaya penyempurnaan peluncuran roket itu sebagai upaya untuk mengembangkan senjata nuklir. Pasalnya, teknologi yang digunakan sama dengan teknologi untuk melakukan peluncuran satelit peluru kendali.

Oleh karenanya, Amerika Serikat dan Israel mengkhawatirkan akan terjadi perang nuklir dengan keberhasilan peluncuran roket Iran tersebut. Tetapi, Presiden Mahmoud Ahmadinejad membantah kecurigaan tersebut.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini