Wah! Tidak Sengaja Menjatuhkan Bungkus Garam, Wanita Ini Didenda 5 Juta Rupiah

by
January 29th, 2013 at 10:05 am

(CiriCara.com) – Kebiasaan membuang sampah sembarangan menjadi masalah di Tanah Air, khususnya ibukota Jakarta. Warga yang seringkali abai terhadap kebersihan lingkungan membuat masalah sampah-sampah berserakan di jalan menjadi masalah yang tidak kunjung selesai.

Wales news Service/Daily Mail

Wales news Service/Daily Mail

Namun, lain halnya dengan nasib wanita usia 24 tahun ini. Laura Howells didenda sebesar 340 poundsterling (sekitar 5 juta rupiah) hanya karena menjatuhkan bungkus garam sachet KFC.

Kepada Dailymail.co.uk, Laura mengatakan bahwa pada hari kejadian tersebut, dia bersama beberapa teman kantornya membeli paket menu di KFC, dan menyantapnya di dalam mobil. Tanpa sengaja, bungkus garam dengan ukuran 2,5 cm x 5 cm itu, terjatuh.

Laura mengaku mengambil kembali bungkus garam itu, namun sayang, polisi kebersihan lingkungan setempat terlanjur melihat kelalaian Laura itu, sehingga dia langsung didenda di tempat, sebesar 75 poundsterling (sekitar 1,2 juta rupiah).

Wales News Service/Daily Mail

Wales News Service/Daily Mail

Laura menolak membayar denda tersebut karena menurutnya dia tidak bermaksud membuang bungkus garam itu di jalan, lagipula, dia sadar dan langsung mengambilnya kembali. Baginya, denda sebesar itu tidak masuk di akal.

Alhasil, kasus yang menimpa dirinya itu diusut hingga ke pengadilan Carmarthen Magistrates. Dia dinyatakan bersalah akibat pelanggaran terhadap Pasal 87, Undang-undang Perlindungan Lingkungan.

Ternyata denda yang harus dia bayarkan malah lebih besar, yaitu 316 poundsterling (sekitar 4,7 juta rupiah), ditambah dengan bea tambahan sebesar 15 poundsterling (sekitar 227.000 rupiah).

Menanggapi tuduhan dan denda yang sangat besar itu, Laura mengungkapkan kekecewaannya pada hukum yang berlaku.

Pasalnya, dia benar-benar tidak bermaksud membuang sampah sembarangan. Lagipula, sebelumnya Laura tidak pernah mengalami kasus seperti ini, baru sekali ini dia dituduh mengotori lingkungan hanya karena menjatuhkan bungkus garam tanpa sengaja yang langsung diambilnya kembali. Laura menyesali, mengapa dendanya harus sebanyak itu.

Namun, di lain pihak, Dewan Eksekutif anggota Perlindungan Lingkungan dan Masyarakat, Jim Jones mengatakan bahwa dirinya berharap dengan adanya hukuman yang tidak mengenakkan seperti itu, bisa menjadi peringatan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peka terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Tambahnya, sebenarnya pihak mereka tidak ingin mendenda orang tapi mereka berkewajiban memastikan dan menjaga wilayah Carmarthenshire tetap bersih, oleh sebab itu mereka tidak akan segan-segan untuk mengusut orang-orang yang melanggar peraturan tersebut.

Bagaimana jika hal itu benar-benar diterapkan di Indonesia ya?

(yk)

Daily Mail

Comment di sini