6 Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

by
January 30th, 2013 at 5:02 pm

gejala jantung pada wanitaCiriCara.comPenyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh sebagian besar orang. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik pria dan wanita dewasa, bayi, anak-anak, remaja, dan orangtua. Orang yang tidak memiliki pola hidup yang sehat dan teratur, bisa saja terkena penyakit jantung.

Selain itu, faktor pemicu lainnya adalah akibat merokok, bergadang hingga larut malam, jarang dan malas berolahraga, sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, kolesterol, dan makanan sampah alias junk food.

Salah satu gejala yang ditunjukkan jika seseorang terkena penyakit jantung adalah rasa nyeri di dada. Tetapi ternyata, gejala itu hanya dialami oleh kaum pria saja. Pada wanita gejala serangan jantungnya berbeda.

Dilansir Health.Kompas.com, penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari satu juta wanita berusia kurang dari 55 tahun ditemukan bahwa 42% responden yang pernah kena serangan jantung tidak mengalami gejala nyeri di dada. Sementara itu, pada kelompok pria hanya 30% yang tidak merasakan nyeri di dada.

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) yang dipublikasikan dalam “Circulation: Journal of the American Heart Association” menunjukkan bahwa 95 persen wanita yang pernah mengalami serangan jantung rata-rata memiliki gejala yang sama. Hanya saja, wanita seringkali mengabaikan ketidaknyamanan yang dirasakan tubuhnya. Hingga kemudian serangan jantung datang sebagai momen besar yang memicu perhatian.

gejala serangan jantung

Dilansir Preventionindonesia.com, berikut 6 gejala serangan jantung pada wanita:

1. Cepat merasa kelelahan

Lebih dari 70% responden dalam penelitian NIH merasakan cepat sekali kelelahan sebelum mendapat serangan jantung. Biasanya kelelahan itu dirasakan sebulan penuh, sebelum serangan terjadi. Kelalahan akibat gangguan pada jantung akan terasa lebih lama, seolah tubuh tak pernah sanggup mengisi ulang energi untuk melakukan beberapa aktivitas.

2. Insomnia

Meski merasa sangat kelelahan dan tubuh seolah tak mampu mengisi ulang energi, mereka tetap tak bisa tidur pada malam hari. Hal ini biasanya akan berlangsung dalam jangka waktu lama, bisa dalan sebulan penuh mereka mengalami insomnis atau sulit tidur pada malam hari.

3. Cemas dan stres

Pakar kesehatan jantung sepakat, stres merupakan pemicu utama terjadinya serangan jantung. Pada penelitian tersebut, para wanita yang pernah mengalami serangan jantung bercerita stres yang dialami lebih khas.

4. Mengalami masalah pada saluran pencernaan

Mulai dari nyeri perut, kram, hingga mual merupakan salah satu gejala serangan jantung yang spesifik terjadi pada wanita. Biasanya, semua keluhan yang dirasakan pada perut itu terjadi secara bersamaan.

5. Napas menjadi lebih pendek

Dari penelitian yang dilakukan tersebut menyimpulkan bahwa ressponden mengalami kesulitan bernapas sebelum serangan jantung terjadi. Ciri yang paling mudah ditemui adalah ketika naik tangga atau berjalan kaki. Tiba-tiba mereka merasa tersengal-sengal.

6. Nyeri pada rahang, leher, telinga, dan pundak

Rasa nyeri yang dirasakan pada wanita lebih menyebar yaitu terasa di sekitar dada, rahang, leher, dan telinga.

Itulah 6 gejala serangan jantung pada wanita. Jika menunjukkan gejala seperti itu, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter dan melakukan pemeriksaan jantung, seperti tes EKG dan treadmill test. Agar terhindar dari gejala tersebut, mulai saat ini biasakanlah menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur dengan mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. (NR)

Comment di sini