Alasan Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah Masih Ditahan BNN

by
January 30th, 2013 at 9:07 am

Jakarta (CiriCara.com) – Meski Badan Narkotika Nasional sudah melepaskan ketujuh orang tersangka dalam kasus penggerebakan pesta narkoba di rumah Raffi Ahmad namun BNN masih menahan Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah. Kenapa?

Kompas

Kompas

Dilansir dari Tempo.co, berdasarkan keterangan dari Komisaris Besar, Sumirat Dwiyanto, alasan Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah belum dibebaskan adalah karena para penyidik masih harus melakukan pemeriksaan terkait penemuan zat narkoba jenis baru.

Menurut pemeriksaa lewat tes urine, Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah terbukti negatif menggunakan narkoba. Namun Sumirat mengatakan bahwa pemeriksaan tidak hanya berdasarkan hasil positif dan negatif saja.

“Ya mereka memang negatif, tapi ada di tempat itu, dan sedang dimintai keterangannya secara detail,” kata Sumirat, di Gedung BNN, Selasa, 29 Januari 2013 seperti dikutip Tempo.co.

Menurut Sumirat, dalam menentukan apakah seseorang melanggar tindak pidana narkoba, tidak hanya ditentukan oleh hasil tes negatif atau positif melainkan ada aspek-aspek lain yang harus dikaji.

Dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dituliskan bahwa barang siapa mengetahui tapi tidak melapor kepada petugas bisa dilakukan penuntutan. Barang siapa membawa, menguasai, atau memiliki secara tidak sah itu juga bisa dilakukan penuntutan, dengan ancaman 1 tahun penjara.

Sumirat menegaskan bahwa masih ada banyak poin dalam Undang-undang yang masih bisa diperiksa oleh para penyidik untuk memproses kasus narkoba Raffi Ahmad.

Pemeriksaan yang dilakukan BNN terhadap Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah ini juga terkait penemuan zat baru yaitu methylene dioxy meth cathinone (katinon) yang diduga dikonsumsi oleh Raffi Ahmad.

Minggu, 27 Januari 2013, rumah Raffi Ahmad di Lebak Bulus, Jakarta Selatan digerebek oleh petugas BNN pada pukul 04.30 WIB. Dari hasil penggerebekan terdapat 17 orang di rumah Raffi Ahmad yang semuanya digelandang ke kantor BNN untuk diperiksa.

Dari ketujuhbelas orang yang berada di rumah Raffi Ahmad itu terdapat nama Wanda Hamidah, Irwansyah dan istrinya, Zaskia Sungkar. Mereka semua telah diperiksa oleh petugas BNN.

Irwansyah dan Zaskia Sungkar dibebaskan dari gedung BNN pada Selasa, 29 Januari 2013 kemarin pukul 14.00 WIB karena terbukti tidak memakai narkoba. Sementara BNN sudah menetapkan lima orang pemakai narkoba yang merupakan teman dari Raffi Ahmad berdasarkan tes urin yang dilakukan sebelumnya. (RN)

Comment di sini