CiriCara: Cara Cerdas Mengurus Anak Saat Bepergian

by
January 30th, 2013 at 1:34 pm

mengurus anak saat berpergianCiriCara.com – Ketika ditugaskan untuk bekerja beberapa hari di luar kota, tentunya Anda meninggalkan anak-anak untuk sementara waktu. Namun, meninggalkan si anak dalam waktu beberapa hari itu cukup membuat khawatir si ibu.

Beberapa ibu khawatir anaknya akan merasa kesepian, kebutuhannya tidak terpenuhi, dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa mengurus anak saat berpergian atau disibukkan dengan pekerjaan.

Bagaimana caranya? Berikut 4 cara cerdas mengurus anak saat bepergian:

1. Berdiskusi dengan keluarga

Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu berdiskusi dengan keluarga terlebih dahulu. Sebelum melakukan perjalanan dinas, Anda harus meminta izin dulu kepada orang rumah. Ketahuilah bahwa si anak berhak menolak Anda melakukan perjalanan dinas ke luar kota ketika ada hal penting lain yang terjadi dalam keluarga. Jika sudah begitu, maka harus menunda dulu perjalanan dinas atau mengganti posisi Anda dengan rekan lain.

komunikasi jarak jauh dengan anak

2. Membagi tugas rumah

Sebelum Anda meninggalkan rumah, alangkah baiknya untuk membagi-bagi tugas rumah terlebih dahulu. Anda juga perlu mendelegasikan peran di rumah kepada orang yang dipercaya. Tujuannya adalah agar tugas Anda selama di rumah itu bisa tergantikan. Misalnya, bagi tugas si kakak untuk membantu memandikan si adik, peringatkan ayah atau ibu agar tidak pulang larut malam, dan lain sebagainya.

3. Catat kebutuhan anak dan keluarga

Anda perlu mencatat hal-hal penting mengenai kebutuhan anak dan keluarga sehingga saat harus meninggalkan rumah, tugas Anda di rumah tetap bisa tergantikan oleh orang yang berada di rumah. Selain itu, siapkan dan pisahkan juga dengan jelas segala kebutuhan mulai dari keperluan pokok sampai daftar belanja selama Anda berada di luar kota. Anda harus seimbang dalam memenuhi tuntutan kerja dan kebutuhan anak walaupun secara fisik Anda tak berada di dekatnya.

4. Tetap berkomunikasi dengan keluarga

Saat jauh dari rumah, biasakanlah untuk membuat rutinitas menghubungi si anak. Misalnya, menelepon si anak setiap pukul 19.00. Cara ini berguna untuk meningkatkan kedekatan emosional dan menjalin hubungan yang positif dengan si anak. Anda bisa memanfaatkan teknologi saat ini agar tetap bisa melihat kondisi anak, seperti melalui Skype. Namun, jangan pernah mengucapkan kata-kata yang membuat si anak berkecil hati. Anda harus mengucapkan kata-kata lembut dan menyemangati si anak walau tak berada di sampingnya.

Itulah cara cerdas mengurus anak saat bepergian. Usia berapapun si anak, seorang ibu harus bisa mengungkapkan langsung kepada anak bahwa akan pergi untuk beberapa hari atau beberapa minggu. Semakin besar usia anak, pertanyaan yang diajukannya akan semakin kritis. Untuk itu, Anda harus bisa menjelaskannya agar si anak mengerti. (NR)

Comment di sini