Video: Lubang Misterius Telan Bangunan di China

by
January 30th, 2013 at 2:33 pm

lubang besar guangzhouGuangzhou (CiriCara.com) – Beberapa bangunan di sekitar lokasi pembangunan rel kereta bawah tanah di Guangzhou, China, tiba-tiba amblas ditelan lubang besar yang muncul tiba-tiba.

Menurut Shanghaiist, lubang berdiameter sekitar 300 meter persegi tersebut terlihat cukup dalam. Akibat peristiwa ini, ribuan warga tak mendapatkan aliran listrik karena tiang-tiang listrik turut tertelan lubang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada korban jiwa yang dilaporkan.  

Sejumlah penduduk setempat mengatakan mereka bisa mencium bau gas dari jarak 30 meter dari lokasi kejadian.

Mereka juga mendengar suara keras yang diduga datang dari retakan tanah yang kemudian amblas. Bahkan ada yang mengira hari kiamat telah tiba. Belum diketahui apa penyebab pasti munculnya lubang misterius ini.

Badan survei geologi Amerika Serikat mengatakan beberapa lubang akibat tanah yang amblas terjadi karena manusia.

“Lubang-lubang baru berhubungan dengan praktik penggunaan tanah, terutama pemompaan air tanah serta konstruksi dan pengembangan properti,” jelas badan tersebut.

Di China sendiri sebelumnya juga terjadi peristiwa yang serupa. Tahun lalu, tanah di Provinsi Guangxi amblas setelah sebuah sekolah menggali sumur untuk mengatasi kekurangan air.

Business Insider melaporkan tanah yang amblas mungkin diakibatkan oleh tempat perlindungan terhadap bom nuklir yang dibangun di bawah tanah saat terjadi ancaman terjadinya perang antara China dan Uni Soviet.

Namun, fenomena yang mirip juga terjadi di negara-negara lain termasuk Amerika Serikat. Pada November 2012, lubang besar menelan sebagian jalan besar di Ohio. Sementara itu di Florida sebuah tempat sampah, pohon ek, dinding belakang suatu salon, dan bahan makanan juga amblas dilahap lubang yang tiba-tiba muncul pada 2011.

Berikut adalah video lubang besar di Guangzhou:

(hp)

Comment di sini