CiriCara: Cara Agar Terhindar dari Pergaulan Bebas

by
January 31st, 2013 at 4:15 pm

hindari pergaulan bebasCiriCara.com – Jika bicara mengenai pergaulan bebas, maka yang dikaitkan adalah anak remaja. Masa-masa remaja itulah merupakan masa yang paling indah dan mereka ingin mencoba sesuatu yang baru. Selain itu, pada masa-masa itu juga mereka akan mulai mencari jati dirinya.

Akan tetapi, pada masa itu bayak anak remaja yang terjebak ke dalam pergaulan bebas. Saat ini, pergaulan bebas di kalangan remaja telah mencapai titik kekhawatiran yang sangat tinggi atau cukup parah terutama seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang. Oleh karena itu, tidak heran jika penderita HIV/AIDS dan perempuan yang hamil di luar nikah jumlahnya cukup banyak.

Mereka sangat mudah memasuki tempat-tempat khusus orang dewasa tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa pergaulan bebas itu sebenarnya bisa merugikan diri sendiri? Akibat pergaulan bebas bisa membuat masa depan kamu tidak cemerlang, bahkan kehilangan masa depan dan tidak bisa membanggakan kedua orangtua.

Mengetahui hal itu, orangtua tentunya akan merasa sedih dan kecewa pada kamu. Alangkah baiknya tetap menjaga diri agar bisa terhindar dari pergaulan bebas. Bagaimana caranya? Berikut cara agar terhindar dari pergaulan bebas:

1. Menguatkan iman

Apapun agama yang dianut, kamu harus menjadi pribadi yang cerdas dan memiliki karakter iman yang kuat. Iman yang kuat dan sehat akan membentengi kamu dari pergaulan bebas. Ketahuilah bahwa memperkuat iman itu sangat penting karena dengan norma agama membantu kamu saat sedang lalai.

stop pergaulan bebas

2. Pintar memilih teman bergaul

Saat ini memang cukup sulit mencari teman yang baik. Kamu yang sekarang bergaul dengan teman yang suka merokok, kamu juga yang terkena asapnya. Gambaran tersebut mencerminkan bahwa jika kamu tidak pintar memilih teman, maka akan terpengaruh juga oleh sikap negatifnya. Selain itu, jangan juga bergaul dengan orang yang cenderung berbuat seks bebas.

3. Menjaga hubungan baik dengan orangtua

Banyak remaja ABG yang menentang kedua orangtuanya ketika sedang dinasihati. Padahal, orangtua itu sangat berpengaruh membentuk karakter anak. Jika kamu memiliki orangtua yang baik, maka terus ikuti apa yang dikatakannya. Apa yang mereka katakan itu tentunya akan berdampak positif pada diri kamu. Untuk itu, jalinlah hubungan yang baik dengan kedua orangtua.

4. Hindari menonton film berbau seks

Kamu mungkin tidak sadar bahwa cuplikan film akan tertanam di pikiran bawah sadar. Adegan-adegan syur bisa muncul kapan saja. Hal btersebut bisa memancing hasrat saat bertemu pasangan dan ada kecenderungan meniru secara sadar maupun tidak. Alangkah baiknya untuk menghindari tontonan yang seperti itu agar terhindar dari pergaulan bebas.

5. Hindari pembicaraan yang mengarah seksual

Bercanda atau membicaran seks akan membawa suasana memunculkan hasrat untuk melakukan. Agar terhindar dari pergaulan bebas, hindari pembicaraan seperti itu dan carilah topik lain yang lebih asyik untuk dibahas.

Itulah cara agar terhindar dari pergaulan bebas. Bagaimanapun juga, pergaulan bebas akan bisa membuat hidup kamu tidak bahagia dan tentunya membuat kedua orangtua kecewa. Bagi orang yang sudah mampu dan memiliki hasrat seks, segera menikah saja jika sudah merasa cocok dengan pasangan. Jika belum ada pasangan yang cocok, maka kamu harus lebih bisa menahan hasrat itu. (NR)