CiriCara: Cara Membuat Pancake Durian yang Enak

by

pancake durian enakCiriCara.com – Pancake durian mungkin merupakan salah satu jenis makanan yang belakangan ini ada di beberapa kafe di kota-kota besar, seperti Jakarta. Bentuknya yang menyerupai bantal ini nampaknya menjadi salah satu jenis makanan yang disukai oleh para maniak durian.

Makanan khas kota Medan ini memiliki penampilan luar yang cukup menggoda para pecinta kuliner. Belum lagi rasa di dalamnya yang cukup memanjakan lidah Anda. Daging buah yang dipisahkan dari bjinya di tampung menjadi satu. Setelah itu dibalut dengan tepung beras untuk membungkus daging durian yang lembut bak bubur.

Bagi para pecinta durian, tentunya akan ketagihan untuk menyantapnya sebagai camilan. Namun, untuk mendapatkan pancake durian yang enak, Anda  harus mengeluarkan beberapa peser uang. Tapia ada cara lain yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan pancake durian yang enak, yaitu membuatnya sendiri di rumah.

Resep pancake durian yang enak

Bahan-bahan:

pancake durian

- 250 gram tepung terigu serba guna

- ¾ sendok teh garam

- 2 butir telur ayam, sudah dipecahkan

- 550 ml santan kental, dari 1 butir kelapa parut

- ¼ sendok teh pasta pandan, siap pakai

- 600 gram daging buah durian medan

- 250 ml krim kental, dinginkan dan kocok hingga kaku

Cara membuat:

Kulit Pancake

1. Tuangkan terigu dan garam dalam mangkuk, lalu Anda aduk hingga rata.

2. Masukkan telur satu per satu sambil diaduk menggunakan whisk hingga rata.

3. Setelah merata, Anda bisa menuangkan santan secara perlahan sambil diaduk hingga rata. Pastikan adonan tersebut tidak menggumpal. Lalu, Anda bisa menambahkan pasta pandan ke dalam adonan dan aduk hingga merata.

4. Setelah adonan sudah siap, panaskan wajan datar anti lengket di atas api kecil. Oleskan sedikit margarin secara merata ke wajan.

5. Ambil 50 ml adonan, tuangkan ke atas wajan dan ratakan hingga membentuk dadar tipis. Agar matang, Anda bisa memasak kulit pancake selama kurang lebih 2 menit. Lakukan cara ini hingga adonannya habis.

Setelah adonan kulit pancake itu matang. Anda bisa mendiamkan beberapa saat hingga kulit pancake yang sudah matang itu tidak lagi panas. Jika semuanya tidak panas, maka Anda bisa melanjutkan membuat isi pancake.

Isi pancake

1. Ambil selembar kulit pancake, letakkan 1 sdm krim kocok di tengah pancake dan ratakan.

2. Setelah meratakan krim, Anda bisa menambahkan 2 sendok makan daging buah durian.

3. Lalu, lipat kulit seperti bentuk amplop dan rapatkan. Lakukan cara hingga kulit pancake dan durian habis.

4. Terakhir, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es hingga agak mengeras atau padat.

5. Jika sudah dingin dan padat, Anda bisa menikmati pancake durian yang enak itu sendiri atau bersama keluarga.

Itulah cara membuat pancake durian yang enak. Cukup mudah, bukan? Lalu, apakah Anda akan mencoba membuatnya di rumah? Pancake durian ini juga bisa Anda sajikan untuk tamu yang berkunjung ke rumah. (NR)


comments powered by Disqus