CiriCara: Cara Tepat Memilih Game untuk Anak

by
January 31st, 2013 at 1:15 pm

Rating GameCiriCara.com – Magnet video game di zaman sekarang memang sulit dihindari, para pemainnya pun terus meningkat. Dari mulai hanya anak-anak hingga remaja bahkan dewasa. Sekarang banyak orang tua atau orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak tak bisa lepas juga dari video game.

Alasannya bermacam-macam, dari hanya sekadar mengisi waktu luang, hingga karena penasaran ingin menyelesaikan game yang dimainkan.

Hal itu sah-sah saja bagi orang dewasa, apapun jenis gamenya asalkan bagus dan menarik tidak ada salahnya untuk mencoba memainkannya. Tetapi, beda jika yang ingin memainkannya adalah anak-anak atau seorang pelajar. Tidak semua game boleh dimainkan untuk kalangan anak. Ada yang butuh pengawasan khusus dan bahkan ada yang tidak boleh sama sekali dimainkan.

Anak biasanya memang cenderung senang untuk mencoba hal baru, terlebih jika hal tersebut adalah game. Game baru pasti selalu muncul di setiap periodenya, maka dari itu butuh pengawasan dari orang tua untuk memilihkan game yang tepat untuk anak dan sesuai dengan kategorinya. Berikut beberapa tips memilih game yang tepat.

1. Rating game

Rating harus diperhatikan saat awal akan membeli game tersebut. Rating game biasanya ada di halaman depan/cover game tersebut. Rating game ini bermacam-macam, dari untuk anak (eC), remaja (T), hingga dewasa (Ao) . Biasanya rating tersebut mencirikan isi game di dalamnya, karena bisa saja dalam game terdapat adegan vulgar atau sadistis.

Cover Game Super Mario Bros

Cover Game Super Mario Bros

2. Review game

Luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu game apa yang banyak dimainkan dan bagaimana komentar orang-orang terhadap game tersebut. Apalagi sekarang Anda tidak hanya mendapatkan review game dari majalah atau tabloid saja. Bebagai media online yang membahas game secara jelas sudah mulai bermunculan dan mudah dikunjungi.

3. Cover game

Jika Anda kurang memahami rating game yang ada di cover game, Anda juga bisa melihat gambar apa yang terdapat di halaman depan tersebut. Gambar di cover biasanya merupakan gambar tokoh dari game tersebut yang akan dimainkan. Tokoh-tokoh tersebut bisa dari film atau karakter buatan game itu sendiri. Dengan begitu Anda bisa menentukan apakah game tersebut aman untuk dimainkan.

Tips tersebut mungkin bisa berguna bagi Anda yang sering menemani anak-anak untuk pergi membeli game di toko. Bisa juga Anda lakukan di rumah, saat anak sudah mampu membeli sendiri dan selalu mengecek game apa yang sudah dibeli.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak membiarkan si anak menaruh video gamenya di dalam kamar yang tertutup. Akses bermain video game bisa diletakkan di ruang keluarga atau di tempat yang bisa Anda awasi, sehingga si anak dapat pengawasan dan perhatian yang cukup. (JS)

Comment di sini