CiriCara: Ciri-ciri Orang yang Menderita Anoreksia

by
January 31st, 2013 at 1:15 pm

menolak untuk makanCiriCara.com – Anoreksia merupakan kelainan psikis yang diderita seseorang berupa kehilangan nafsu makan, meski sebenarnya lapar dan berselera terhadap makanan. Sebagian besar penderita anoreksia adalah perempuan yang memasuki masa puber, seperti remaja dan perempuan dewasa.

Anoreksia bisa digolongkan sebagai penyakit ringan. Tapi, jika terus dibiarkan, maka akan menyebabkan kematian. Orang yang menderita anoreksia bisa dilihat dari beberapa gejala psikologisnya.

Berikut ciri-ciri orang yang menderita anoreksia:

1. Tak percaya diri dengan bentuk tubuh

Cynthia Bulik, PhD, seorang spesialis gangguan makan di University of North Carolina Chapel Hill mengatakan bahwa pikiran negatif atau obsesif tentang ukuran tubuh merupakan faktor kunci yang menggambarkan masalah gangguan makan. Hal ini biasanya terjadi di awal jika seseorang menderita anoreksia.

2. Tumbuh rambut halus

Orang-orang yang telah merampas gizi dari tubuh mereka untuk waktu yang lama sering mengembangkan kelainan, seperti tumbuhnya rambut halus pada lengan dan bagian lain dari tubuh. Rambut halus yang tumbuh itu dikenal sebagai lanugo. Lanogo diakibatkan adaptasi fisik yang berat karena hilangnya lemak tubuh.

penderita anoreksia

3. Olahraga berlebihan

Orang yang menderita anoreksia biasanya akan lebih banyak meluangkan waktunya untuk berolahraga. Latihan fisik memang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, jika dilakukannya secara berlebihan, maka akan membahayakan kesehatan. Kebiasaan olahraga berlebihan ini sering disebut sebagai “latihan anoreksia”.

4. Kulit kering

Kulit menjadi kering dan tumbuh jerawat merupakan akibat dari dehidrasi. Hal tersebut meruapakan salah satu tanda seseorang menderita anoreksia atau bulimia. Selain kulit kering dan berjerawat, ciri lain yang ditunjukkan yaitu mulut kering, pipi dan mata cekung, serta ketidakseimbangan elektrolit yang parah juga bisa terjadi akibat kekurangan gizi.

5. Takut makan di depan umum

Perasaan malu atau tidak percaya diri makan di depan umum merupakan salah satu tanda orang itu memiliki masalah gangguan makan. Penderita anoreksia akan menahan makan walaupun dirinya merasa lapar. Menahan makannya itu juga dilakukan saat berada di hadapan orang banyak.

6. Memasak makanan yang rumit untuk orang lain

Meskipun penderita anoreksia sering menolak untuk makan, namun mereka malah ingin melihat orang lain makan. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang gemar memasakan makanan yang rumit untuk orang lain. Cara yang dilakukannya itu mungkin merupakan bentuk kesenangan atau usaha mereka untuk makan melalui orang lain.

Itulah ciri-ciri orang yang menderita anoreksia. Ketahuilah bahwa anoreksia itu bisa membahayakan diri Anda sendiri, bahkan menyebabkan kematian. Untuk itu, jika menunjukkan ciri-ciri di atas dalam diri Anda, maka segeralah berubah dan mulai menerapkan pola hidup sehat. (NR)

Comment di sini