Kasus Dugaan Penyuapan Impor Daging, Presiden PKS Jadi Tersangka

by
January 31st, 2013 at 11:35 am

Jakarta (CiriCara.com)Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan seorang anggota DPR berinisial LHI menjadi tersangka dalam kasus dugaan penyuapan daging impor sapi di Kementerian Pertanian.

Kompas

Kompas

Dilansir dari Tempo.co, LHI diduga kuat adalah Luthfi Hasan Ishaaq yang juga merupakan Presiden dari Partai Keadilan Sejahtera. Hingga saat ini, Luthfi sudah dicekal bepergian ke luar negeri oleh KPK.

Status tersangka tersebut ditetapkan berdasarkan dua alat bukti yang merupakan hasil operasi tangkap tangan yang dilakukan Selasa malam, 29 Januari 2013.

Empat orang tersangka lainnya adalah AF (diduga Ahmad Fathonah), JE (diduga Juard Effendi, Direktur Utama Indoguna) dan AAE (Arya Abdi Effendi salah satu direktur Indoguna).

JE dan AAE bertugas memberi suap dengan menyerahkan uang sebesar Rp. 1 miliar kepada AF di kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Dari tempat itu, AF lalu membawa uang ke Hotel Le Meridien sebelum diserahkan kepada tersangka LHI.

Menanggapi tuduhan ini, Luthfi belum bisa dikonfirmasi karena ia masih menolak berkomentar. Ketika ditemui di Kantor Dewan Pengurus Pusat PKS, Rabu, 30 Januari 2013, Luthfi hanya mengelak.

“Saya masih ada pleno,” katanya seeperti dikutip oleh Tempo.co.

Sementara itu, Panji Prasetyo selaku pengacara PT Indoguna Utama membenarkan bahwa ada dua direktur perusahaannya yang diringkus KPK. Namun, Panji menolak menyebutkan identitas dua direktur tersebut.

“Keduanya laki-laki, biar KPK saja yang menjelaskan,” kata Panji seperti dikutip Tempo.co.

Seperti dijelaskan dalam kronologi penggerebekan dugaan penyuapan impor daging sapi sebelumnya bahwa setelah mendapat laporan dari masyarakat tentang isu suap impor daging, penyidik KPK lalu menyelidiki Ahmad Fathonah selaku orang terdekat Luthfi Hasan.

Penyelidikan terhadap Ahmad lalu mengarah ke Juard dan Arya Abdi yang menjadi direktur dari PT Indoguna Utama. Sementara itu penggerebekan dilakukan di Hotel Le Meridien saat Ahmad tengah keluar bersama seorang gadis muda bernama Maharani. (RN)

Comment di sini