Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy SIII Mini

by

Galaxy-SIII-MiniCiriCara.com – Samsung baru saja meluncurkan produk terbarunya, Samsung Galaxy SIII Mini, pada pertengahan bulan Januari 2013. Sebagai “adik” dari Samsung Galaxy SIII yang sudah terlebih dahulu dirilis, smartphone ini memang telah menjadi hal yang dinanti oleh para penggemar Samsung, terutama kalangan remaja.

Dengan prosesor dual core 1GHz serta RAM 1 GB, kinerja gadget yang satu ini diklaim cukup mumpuni. Galaxy SIII Mini telah didukung sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB atau 16 GB. Kedua fitur tersebut membuat smartphone yang satu ini dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan seperti berkomunikasi, berfoto, merekam video ataupun berselancar di dunia maya.

Tidak hanya itu, dengan layar sentuh 4.0 inci Super AMOLED dan beresolusi WVGA 800 x 480, tampilan gambar terlihat cukup jernih, baik ketika menampilkan video maupun foto.

Untuk urusan potret-memotret, Samsung Galaxy SIII Mini dilengkapi kamera 5 MP serta fitur Best Shot yang dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil potret yang terbaik dari sekian foto yang dipotret.

Ada pula fitur S Voice yang dapat memutarkan lagu favorit Anda hanya dengan memberikan perintah lewat suara. Fitur ini juga dapat membuka ataupun mengunci ponsel, mengatur jadwal, mengaktifkan kamera, serta mengatur volume hanya dengan menggunakan perintah suara.

Fitur Direct Call juga telah disediakan dalam Samsung Galaxy SIII Mini ini. Jadi, Anda cukup mendekatkan ponsel ke telinga ketika tiba-tiba ingin menelepon seseorang ketika Anda mengurungkan niat untuk mengirim pesan kepada orang tersebut. Anda ingin mengirim pesan namun Anda juga masih ingin menonton video? Dengan fitur Pop Up Play ini, Anda dapat mengirim pesan meskipun Anda sedang menonton video.

Samsung Galaxy SIII Mini ini juga dilengkapi dengan fitur SmartStay dimana ponsel tersebut dapat melacak mata sehingga layar ponsel tidak akan padam selama mata masih terus menatap layar. Masih di fitur barunya, ponsel ini juga menyediakan fitur SmartAlert yang akan mendeteksi kehadiran penggunanya dan bereaksi dengan getar singkat bila ada pesan atau panggilan yang tak terjawab.

Tetapi dibandingkan dengan abangnya, Samsung Galaxy SIII Mini memiliki kemampuan hardware yang kalah jauh. Bahkan smartphone ini masih kalah dari Samsung Galaxy SII. Ukuran layar yang terbilang kecil pasti dirasa kurang memuaskan bagi pengguna yang suka dengan layar besar meski gambar yang dihasilkan lebih jernih.

Daya baterai yang lebih kecil juga kurang mumpuni untuk smartphone yang punya beragam fitur seperti ini karena makin banyak fitur maka daya yang dihabiskan akan semakin cepat.

(CT)


comments powered by Disqus