Pahlawan di Balik Eksistensi Facebook

by
January 31st, 2013 at 11:04 am

CiriCara.com – Di balik eksistensi Facebook sebagai situs jejaring sosial yang sangat diminati oleh berbagai kalangan usia dari penduduk di seluruh penjuru dunia, rupanya ada kisah menarik yang perlu kamu ketahui.

Kemampuan Facebook untuk menjaga eksistensinya di dunia jejaring sosial tidak lepas karena keahlian para pekerja di dalamnya.

Cory Ondrejka

Salah satu orang yang dianggap paling berjasa bagi Facebook dalam menghadapi dunia mobile application (aplikasi ponsel) sekarang ini, ialah Cory Ondrejka, sang teknisi Facebook.

Cory mulai bergabung dengan Facebook pada tahun 2010. Dia adalah seorang lulusan dari Akademi Angkatan Laut dengan bidang Ilmu Komputer dan Teknik Sistem dan Senjata pada tahun 1992.

Tahun 2011, Cory memberanikan diri berbicara langsung di depan sang CEO, Mark Zuckerberg untuk mengungkapkan fakta yang sedang dihadapi oleh perusahaan yang dibangunnya dari kamar asrama di Harvard dulu.

Dengan menggunakan papan tulis, Cory menjelaskan tentang masalah yang dihadapi Facebook, intinya adalah kelemahan aplikasi Facebook untuk pengguna mobile app.

Pada tahun itu, dunia gadget sudah berubah, di mana smartphone dan tablet merajai pasar gadget dunia.

Sedangkan aplikasi Facebook yang awalnya dibuat dengan HTML5, tidak menunjang pada pemakaian di sistem operasi ponsel yang berbasisi iOS dan Android, padahal kedua OS (operating system) inilah yang merajai dunia smartphone pada masa itu, bahkan hingga kini.

Dengan kode HTML5 yang masih dipakai Facebook saat itu, membuat Facebook menjadi sangat lama untuk diakses dan digunakan pada aplikasi ponsel.

Hal ini pula yang akan membuka peluang bagi para pengguna setia Facebook untuk membelot kepada aplikasi jejaring sosial yang sudah cepat untuk diakses melalui aplikasi ponsel.

Masalah itulah yang dilihat oleh Cory sebagai masalah yang akan berakibat fatal pada pertumbuhan Facebook.

Business Insider

Business Insider

Kemudian, Cory meminta Mark untuk mengembangkan kembali aplikasi Facebook dengan menggunakan kode yang mampu menunjang pada penggunaan sistem operasi iOS maupun Android.

Dikutip dari Wall Street Journal (Wsj.com), awalnya Mark menerima analisis Cory dengan sedikit ragu-ragu. Setelah Cory meyakinkannya kembali, barulah aplikasi Facebook untuk ponsel diperbaharui

Dan ternyata, Cory benar. Pada Agustus 2012, Facebook merilis versi terbaru dari aplikasinya, dan Facebook menuai pujian dari berbagai pihak atas kecepatan dan kegunaan aplikasi barunya itu.

Sementara itu, Facebook terus bertahan di dunia transisi dari komputer ke ponsel.

Orang-orang yang bekerja dalam perusahan tersebut adalah orang-orang yang tepat dan berkompeten di bidangnya. Itulah alasan mengapa Facebook tetap bisa bertahan hingga saat ini. (yk)

Business Insider

Comment di sini