Video: Akibatnya Membuka Kaleng Kacang di Luar Angkasa

by
January 31st, 2013 at 10:42 am

CiriCara.com – Tentu kamu tahu bahwa dengan adanya gaya gravitasi Bumi, semua manusia dapat beraktivitas di planet tercinta ini tanpa harus melayang-layang. Namun, apa jadinya jika berada di luar angkasa?

Kacang Melayang di Luar Angkasa/CSA NASA

Kacang Melayang di Luar Angkasa/CSA NASA

Luar angkasa adalah ruang yang hampa udara termasuk tidak ada gravitasi, oleh karena itu ada pula beberapa orang yang sering menyebutnya sebagai ruang angkasa.

NASA (National Aeronautics and Space Administration) sebagai satu-satunya badan milik Amerika Serikat yang sering mengadakan pembaharuan dan penelitian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan antariksa, membuat banyak orang tahu bagaimana keadaan di luar angkasa sana.

Tentu kamu juga sering melihat film-film fiksi ilmiah yang bercerita tentang perjalanan seorang astronot yang melayang-layang meski di dalam pesawatnya.

Chris sedang di International Space Station yang mengorbit 402 km di atas permukaan Bumi/Daily Mail

Chris sedang bekerja di International Space Station yang mengorbit 402 km di atas permukaan Bumi/Daily Mail

Hal tersebut tidak lain dikarenakan tidak adanya gaya gravitasi di sana. Sehingga tidak ada gaya tarik yang menarik manusia atau benda apapun untuk menempel di permukaan tanah.

Fakta ini kembali ditunjukkan oleh salah seorang astronot asal Kanada, yaitu Chris Hadfield. Chris (53) yang selalu mengunggah foto-foto menakjubkan dari luar angkasa di akun Twitter-nya ini, membuat sebuah video yang merekam, bagaimana kacang-kacang melayang-layang di luar angkasa.

Dalam video tersebut direkam tangan Chris yang membuka sebuah kaleng kecil yang berisi beraneka ragam kacang-kacangan, dan kacang-kacang tersebut langsung melayang-layang di dalam kaleng seraya tidak adanya gravitasi yang membuat mereka tetap berada pada dasar kaleng.

Berikut videonya:

Berkat bukti yang disebarkan oleh pria kelahiran Ontario, yang sekarang bergabung sebagai kru di Expedition 34 ini, semakin jelas bahwa kita bisa berjalan di atas permukaan tanah di Bumi atau planet lain, karena ada gravitasi planet tersebut. (yk)

Daily Mail

Comment di sini