Nabi Palsu Karanganyar Ternyata Tinggal di Matesih

by
February 1st, 2013 at 2:45 pm

Nabi Palsu (Ilustrasi)Karanganyar (CiriCara.com) – Seorang warga Karanganyar, Jawa Tengah yang mengaku sebagai nabi diketahui bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Matesih. Nabi palsu itu diketahui sudah mempunyai pengikut yang cukup banyak di Matesih.

Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar saat ini tengah melakukan penyelidikan tentang penyebaran aliran yang disebarkan oleh nabi palsu itu. Menurut penuturan warga, peribadatan dari aliran nabi palsu itu berbeda dengan ajaran agama Islam, sehingga bisa disebut aliran sesat.

Meskipun demikian, Kasi Penamas dan Pekapintren Kemenag Karanganyar, Nurhadi menegaskan pihaknya belum bisa mengambil tindakan keras. “Masih kami teliti, apakah ajaran itu benar-benar sesat atau tidak,” jelasnya, seperti dikutip dari Solopos.com, Jumat (1/2/2013).

Menurut Nurhadi, penyebaran ajaran nabi palsu itu dilakukan secara tertutup dan sembunyi-sembunyi. Hanya pengikut yang boleh ikut dalam pengajian setiap pekan yang rutin digelar di Matesi. “Pengajiannya dilakukan tertutup,” jelas Nurhadi.

Nurhadi menegaskan bahwa pihaknya masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Nurhadi belum berani mengambil keputusan sebelum mendapatkan bukti lengkap. “Penelitian baru tahap awal jadi kemungkinan ada fakta yang lain,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karanganyar, Zainuddin, mengklaim sudah mengundang pengikut nabi palsu itu untuk berdiskusi. Namun, pengikut aliran yang diduga sesat itu hingga saat ini tidak mau datang memenuhi undangan dari MUI.

“Mereka sudah kami undang berdialog namun tak pernah datang,” ujar Zainuddin.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti siapa orang yang mengaku sebagai nabi tersebut. Namun, pihak Polres Karanganyar mengklaim sudah mengetahui tempat tinggal dari nabi palsu tersebut.

(YG)

Comment di sini