Usaha Orangtua Menyelamatkan Anak dari Kematian

by
February 1st, 2013 at 9:41 am

(Zhejiang) CiriCara.com – Kisah mengharukan datang dari sebuah keluarga sederhana di China, yang memiliki anak yang bernama Fu Xuepeng.

imagebam.comSumber foto: China Photo Press/Barcroft Media

Saat usia 25 tahun, Xuepeng mengalami kecelakaan naas yang mengakibatkan kerusakan saraf parah sehingga dia mengalami kelumpuhan total dari leher hingga kaki, dan yang lebih parahnya lagi, dia pun tidak dapat bernapas tanpa bantuan alat pernapasan.

Setelah kecelakaan itu, memang Xuepeng sempat dirawat di Rumah Sakit Taizhou First People. Akan tetapi, keluarga sederhana ini merasa tidak sanggup membiayai perawatannya yang menghabiskan sekitar belasan juta rupiah setiap minggunya.

Alhasil, orangtuanya mengambil keputusan untuk merawat putranya sendiri di rumah. Itu adalah pilihan satu-satunya yang harus mereka ambil, karena mereka ingin supaya Xuepeng tetap hidup.

Upaya yang dilakukan FU Minzu, sang ayah dan Wang Lanqin, sang ibu; ialah memompa udara ke paru-paru Xuepeng dengan menggunakan kantung udara.

Alat bantu pernapasan buatan sendiri ini memang bermanfaat untuk Xuepeng, hanya saja harus digunakan secara manual, yaitu dengan memompa kantung udaranya selama 18 kali setiap menit dengan kedua tangan mereka sendiri.

Seluruh anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, kedua adik, serta saudara iparnya pun ikut membantu memompa kantung udara tersebut secara bergantian.

imagebam.comSumber foto: China Photo Press/Barcroft Media

Selama hampir 5 tahun lebih, keluarga melakukan upaya tersebut secara bergantian tanpa henti. Hingga 2 tahun terakhir, tangan ayah dan ibu Xuepeng berubah bentuk karena terlalu sering memompa kantung udara.

imagebam.comSumber foto: China Photo Press/Barcroft Media

Alhasil, salah seorang saudaranya membuatkan alat bantu pernapasan sederhana yang menggunakan listrik dan motor penggerak. Supaya tidak perlu dilakukan secara manual lagi. Akan tetapi, karena takut biaya listrik membengkak, jadinya mereka hanya menggunakan alat itu pada malam hari saja.

Akan tetapi, keberuntungan masih berpihak pada mereka. Kisah yang menyentuh hati ini menuai rezeki untuk keluarga ini, di mana setelah sebuah blog mengabadikan kisah mereka, dan mulai ramai dibicarakan seluruh media, muncullah sebuah perusahaan China membuatkan alat bantu pernapasan untuk Xuepeng, dan pihak-pihak lainnya mengumpulkan dana untuknya.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini