CiriCara: 5 Cara Jeli Pilih Ponsel BlackBerry

by
February 4th, 2013 at 9:27 am

self-test-hardware-blackberryCiriCara.com – Dibandingkan dengan jenis ponsel pintar lainnya, ponsel pintar BlackBerry memang unggul dari segi keamanan dan fasilitas berkirim pesan karena adanya PIN dan fasilitas messaging, BlackBerry Messenger (BBM). Karenanya, fitur PIN yang terbenam pada ponsel BlackBerry adalah salah satu hal yang paling penting yang harus diperhatikan bila hendak membeli ponsel BlackBerry.

Bila ponsel BlackBerry yang hendak Anda beli baru dan bergaransi resmi tentunya masalah-masalah yang dapat timbul mengenai PIN akan dijamin sepenuhnya oleh vendor. Namun bila Anda memutuskan untuk membeli BlackBerry black market alias BM atau BlackBerry bekas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak menjadi masalah nantinya.

Anda bisa menyimak panduan memilih dan memeriksa ponsel BlackBerry di bawah.

1. Lihat nomor IMEI dan PIN

Nomor IMEI wajib ada pada setiap ponsel, nomor IMEI pada ponsel BlackBerry dapat dicek di bagian dalam ponsel di balik baterai. Pastikan nomor IMEI yang tertera pada ponsel sesuai dengan nomor IMEI yang tertera pada kardus ponsel BlackBerry yang Anda beli. Jangan sampai membeli BlackBerry batangan atau bahkan palsu.

Anda dapat menampilkan nomor IMEI dengan menekan tombol *#06# pada ponsel BlackBerry Anda. Cara lain adalah dengan menekan tombol BlackBerry pada layar utama, lalu pilih Option, lalu pilih Status. Di sini Anda dapat melihat bukan saja nomor IMEI tapi juga PIN BlackBerry Anda. Menu ini dapat juga diakses dengan menekan ALT+CAPSLOCK+H.

2. Lihat lama pemakaian

Pintar-pintarnya pembajak ponsel BlackBerry mengemas ponsel lama menjadi baru mengharuskan kita hati-hati dalam membeli BlackBerry baru. Salah satunya adalah dengan memeriksa usia penggunaan. Cara memeriksa usia pemakaian ponsel BlackBerry adalah dengan menekan tombol BlackBerry pada layar utama, lalu pilih Options, lalu pilih Status. Pada menu Status ketik BUYR, maka data pemakaian ponsel BlackBerry akan tampil.

3. Lihat performa

Untuk memeriksa apakah fitur-fitur dan fasilitas ponsel BlackBerry yang akan Anda beli berfungsi normal seperti seharusnya, Anda tidak perlu bingung, karena BlackBerry menyediakan fasilitas khusus memeriksa fitur dan fungsi langsung di dalam ponsel. Menu cek ini dapat diakses dengan menekan menu BlackBerry dan pilih Options, lalu pilih Status dan ketik TEST.

4. Cek kelengkapan

Periksalah kelengkapan ponsel BlackBerry yang akan Anda beli, pastikan kelengkapan standar seperti pengisi daya, kabel data, kartu memori, buku manual, CD driver dan handsfree ada dalam kardus pembelian. Untuk seri tertentu, aksesoris tambahan lainnya seperti sarung ponsel kulit pun turut disertakan. Bukan hanya kelengkapan yang harus diperiksa tapi juga kondisi unit BlackBerry itu sendiri yang tentu saja harus rapi dan mulus tanpa gores.

5. Cek garansi

Poin terakhir dan yang tidak kalah penting adalah garansi. Bila Anda membeli unit BlackBerry baru dengan garansi resmi entah itu dari provider ataupun dari gerai berlisensi resmi RIM, pastikan label garansi tersebut asli dan dapat dipertanggungjawabkan oleh penjual. Hal serupa pun bisa dilakukan pada Blackberry bekas, setidaknya garansi atau jaminan dari penjual bila nantinya ponsel BlackBerry yang Anda beli bermasalah di kemudian hari.

Semoga tips ini dapat menjadi panduan Anda dalam memilih dan memeriksa ponsel BlackBerry sebelum Anda membelinya, agar nantinya tidak merepotkan pada saat menggunakannya. (LH)

Comment di sini