CiriCara: Cara Mengatasi Rasa Kecewa Pasca Ditolak Kerja

by
February 4th, 2013 at 4:55 pm

ditolak kerjaCiriCara.com – Menghadapi penolakan dalam bentuk apapun pastinya akan membuat diri kita merasa kecewa. Penolakan bisa datang dari mana saja, baik itu dari keluarga, pacar, teman, hingga urusan pekerjaan. Namun, hal itu harus segera dihadapi agar hidup bisa menjadi lebih baik dan kesuksesan bisa diraih.

Ditolak bekerja oleh perusahaan yang diinginkan memang membuat hati sakit. Namun, ingatlah kata pepatah bahwa kegagalan hanyalah sebah kesuksesan yang tertunda. Daripada berlama-lama sakit hati, lebih baik Anda atasi dengan cara yang tepat.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mengatasi rasa kecewa setelah gagal diterima kerja:

1. Jangan marah

Meskipun menyakitkan, jangan sampai kamu terbawa emosi dan akhirnya marah karena gagal diterima kerja. Ketahuilah bahwa perusahaan atau saingan yang diterima kerja pun tidak peduli dengan amarah Anda. Daripada membuang-buang tenaga untuk marah, lebih baik disimpan saja tenaganya untuk melamar kerja di perusahaan lain.

2. Mengucapkan terima kasih

Mengucapkan terima kasih sepertinya merupakan hal terakhir yang ingin Anda lakukan saat ditolak oleh perusahaan. Namun perlu diingat juga agar tetap bersikap sopan dan berusaha menunjukkan profesionalitas. Untuk itu, jangan lupa mengucapkan terima kasih meskipun mengetahui Anda gagal diterima di perusahaan itu.

mengucapkan terima kasih

Thinkstockphotos.com

3. Meminta saran

Seusai mengucapkan terima kasih, Anda bisa meminta saran pada pihak perusahaan tentang kriteria kandidat yang diterima. Hal tersebut bisa Anda jadikan pelajaran di lain waktu ketika ingin melamar kerja di perusahaan lain. Namun, jangan memaksanya jika pihak perusahaan tak ingin memberitahukannya pada Anda.

4. Menjaga komunikasi

Alangkah baiknya untuk tetap menjaga komunikasi dengan pihak perusahaan walaupun Anda gagal diterima. Dengan tetap menjaga komunikasi, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan baru yang mungkin tersedia kembali pada masa yang akan datang.

5. Belajar dari kesalahan

Jika gagal diterima kerja, maka renungkanlah atau pikirkanlah di mana letak kesalahan Anda. Dengan begitu, Anda bisa belajar dari kesalahan tersebut dan menjadi lebih baik untuk tes-tes berikutnya.

6. Berpikir positif

Sebagian besar orang akan patah semangat saat menghadapi penolakan kerja. Mulai saat ini, belajarlah untuk bangkit dan keluar dari situasi tersebut. Anda harus bisa menjadi orang yang selalu berpikir positif untuk ke depannya. Berpikir positif bisa membantu Anda untuk terus maju dan semangat untuk mencari pekerjaan yang lain.

7. Latihan fisik

Latihan fisik merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa kecewa pasca penolakan kerja. Dengarkan lagu dan berlarilah mengelilingi perumahan Anda. Cara ini bisa membantu memompa adrenalin sehingga Anda bisa kembali bersemangat. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan cara bertemu teman dan melakukan sesi curhat.

Itulah cara yang harus Anda lakukan pasca gagal diterima kerja. Tetaplah berusaha dan semangat walaupun sudah pernah ditolak oleh perusahaan yang Anda inginkan. Dengan terus berusaha mungkin Anda akan bisa mendapatkan perusahaan yang lebih baik dari yang diharapkan. (NR)

Comment di sini