CiriCara: Cara Mengatur Keuangan untuk Pesta Pernikahan

by
February 4th, 2013 at 10:31 am

pesta nikahCiriCara.com - Siapa yang tidak ingin pesta pernikahannya berjalan sempurna? Siapa bilang pesta pernikahan yang sempurna membutuhkan biaya yang banyak?

Anda tidak perlu menghambur-hamburkan uang untuk mendekorasi ruangan dan segala macam hal lainnya di pesta hari spesial Anda agar pesta terlihat lebih menarik. Yang Anda butuhkan adalah pengaturan keuangan yang digunakan untuk melangsungkan pesta resepsi.

Pesta bisa saja sederhana, namun meriah dan berlangsung lancar. Simak tipsnya berikut ini:

1. Membandingkan harga

Ada baiknya Anda melihat vendor yang lain untuk membanding-bandingkan harga sesuai dengan bujet Anda.  Anda juga dapat meminta bantuan melalui teman, internet, ataupun keluarga untuk menentukan vendor mana yang cocok dan sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Yang jelas, setiap vendor pernikahan biasanya telah menyediakan penawaran yang berbeda pula seperti halnya bonus yang ditawarkan ataupun potongan harga sekian persen dan itu biasanya tidak sama pada setiap vendor. Untuk itulah gunanya Anda melakukan perbandingan harga agar Anda tidak menyesal nantinya karena biaya yang telah melebihi batas kemampuan.

2. Membuat range harga

Anda harus membuat range harga sendiri agar Anda dapat lebih fleksibel dalam memilih apa saja yang dibutuhkan dalam pesta pernikahan daripada membuat bujet dengan cara menetapkan jumlah nominal, jangan membelanjakan hal-hal yang tidak perlu karena itu akan membuat pengeluaran Anda semakin membengkak. Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk membeli kebutuhan di luar bujet Anda untuk menghindari defisit.

3. Pastikan jumlah tamu

Anda perlu mengurus hal yang satu ini sebelum mengatur tentang dekorasi gedung dan lain sebagainya. Anda harus menentukan seberapa banyak tamu yang Anda undang, apakah semua orang yang pernah Anda kenal, atau juga bisa mengundang hanya kerabat-kerabat dekat saja, atau mungkin orang di lingkungan sekitar saja. Dengan mengundang teman dekat atau keluarga juga bisa terkesan lebih intim dan juga dapat menghemat pengeluaran untuk makanan, suvenir dan yang lainnya.

4. Tentukan hidangan

Selain menyewa tempat, pengeluaran yang paling besar juga terletak pada makanan dan minuman, apalagi jika jumlah orang yang diundang banyak. Bisa-bisa kantong menjadi “tipis” hanya untuk membelanjakan makanan dan minuman saja. Mungkin Anda bisa memilih paketan yang biasanya telah mencakup berbagai macam makanan dalam satu harga dan yang terpenting adalah harus sesuai dengan bujet Anda.

Tidak susah, bukan? Memang pesta pernikahan membutuhkan uang yang tidak sedikit supaya pesta tersebut dapat berjalan lancar dan sempurna, namun Anda sendiri harus bijaksana dalam mengatur pengeluaran jika memang bujet Anda masih pas-pasan. Jika tidak, bukannya pesta pernikahan yang sempurna didapat, tapi malah menjadi lebih buruk karena Anda tidak mampu mengatur keuangan secara bijaksana. (CT)

Comment di sini