CiriCara: Cara Mudah Mengatasi Ketegangan di Kantor

by
February 4th, 2013 at 11:02 am

menghindari ketegangan saat di kantorCiriCara.com – Ketegangan saat di kantor terkadang dialami oleh sejumlah orang. Ketegangan itu bisa timbul akibat terlalu banyak pekerjaan atau memiliki hubungan yang tidak baik dengan rekan kerja lainnya atau dengan atasan. Namun, Anda harus bisa mengontrol emosi agar pekerjaan tetap berjalan lancar.

Mengontrol emosi merupakan salah satu cara untuk mengatasi ketegangan yang terjadi saat di kantor. Namun, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa bekerja dengan tenang selama di kantor. Bagaimana? Berikut cara mengatasi ketegangan saat di kantor yang dicuplik dari Timesofindia.Indiatimes.com:

1. Membiarkannya

Alangkah  baiknya Anda membiarkan masalah-masalah yang terjadi di tempat kerja dan tetap fokus saja pada pekerjaan saat ini. Mungkin Anda diminta untuk bekerja lebih keras atau diperlakukan tidak baik oleh rekan kerja lainnya. Namun, jangan biarkan hal tersebut membuat Anda frustasi dan akhirnya pekerjaan pun menjadi terbengkalai.

cerita pada atasan

2. Menuliskan kemarahan

Cara ini juga bisa Anda lakukan ketika mengalami masalah personal. Saat Anda merasa kesal dan ingin marah, jangan buru-buru mengamuk. Lebih baik tuliskan saja apa yang Anda rasakan di secarik kertas. Luapkan emosi itu lewat tulisan. Jika sudah merasa membaik, maka baca lagi tulisan itu. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengevaluasi kemarahan tersebut.

3. Menceritakan pada orang lain

Memendam rasa emosi, sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, Anda bisa membaginya atau menceritakannya pada orang lain mengenai permasalahan yang terjadi di kantor. Namun, alangkah baiknya bercerita dengan orang yang tidak satu kantor dengan Anda. Dengan bercerita kepada orang lain, Anda akan merasa lebih baik terlebih jika orang itu memberikan solusi terbaik.

4. Berdiskusi dengan atasan

Saat memiliki waktu luang, Anda bisa meneliti lagi permasalahan yang terjadi di kantor. Jika sudah mengetahui masalah yang sebenarnya, maka berdiskusilah dengan atasan. Anda mungkin tak bisa menemukan solusinya sendiri. Namun, atasan Anda mungkin akan membantu mencarikan solusi. Jika atasan Anda yang menyebabkan masalah, maka ceritalah pada bagian HRD.

Itulah cara mengatasi ketegangan di kantor. Jadi, jangan sampai emosi itu merusak atau menganggu pekerjaan Anda di kantor. Anda harus bisa bersikap tenang saat sedang dihadapi banyak masalah di kantor. Dengan begitu, Anda akan merasa bahagia setiap berada di kantor. (NR)

Comment di sini