CiriCara: Ciri-ciri Anak Mengalami Gangguan Makan

by
February 4th, 2013 at 2:12 pm

gangguan makan pada anakCiriCara.com – Seseorang yang mengalami gangguan makan tentunya bisa membahayakan tubuhnya sendiri. Gangguan makan sebelumnya dikenal sebagai salah satu penyakit yang menyerang remaja putri. Mereka membatasi mengonsumsi makanan demi mendapatkan tubuh yang ideal. Namun kenyataannya, anak-anak bahkan pria dewasa juga bisa mengalami hal seperti itu.

Gangguan makan bisa dibedakan menjadi dua. Pertama yaitu gangguan makan berlebihan sehingga bisa menyebabkan tubuh kelebihan berat badan atau mengalami obesitas. Kedua yaitu membatasi kalori secara ekstra demi mendapatkan berat badan yang ideal atau menjaga berat badannya.

Seseorang yang mengalami gangguan makan dengan membatasi kalori makanannya seringkali dilakukan secara berlebihan. Akibatnya mereka menderita anoreksia, menolak mengonsumsi makanan karena takut berat badannya bertambah. Anoreksia ini bisa saja dialami oleh anak-anak.

Bagi Anda yang masih memiliki anak dan akan memasuki usia remaja, sebaiknya awasi pola makannya. Selain itu, pastikan juga agar si anak tidak mengalami gangguan makan. Lalu, cara mengetahui si anak memiliki gangguan makan atau tidak, Anda bisa menyimak ciri-ciri anak mengalami gangguan makan berikut ini ang dicuplik dari Galtime.com:

1. Penurunan berat badan

Setiap minggu si anak makin terlihat kurus. Saat ditanya oleh Anda apakah dirinya sedang diet atau tidak. Si anak malah tidak mau menjawabnya. Tapi, Anda patut waspada jika memang semakin hari tubuh anak semakin kurus.

2. Sibuk memperhatikan label makanan

Saat Anda dan anak sedang berbelanja ke pasar swalayan, si anak sibuk memperhatikan label makanan yang akan dibelinya. Apapun camilan atau makanan lain yang ingin dibelinya, pasti si anak akan melihat label pada makanan tersebut.

3. Minum berlebihan

mengonsumsi makan berlebihan

Ketika lapar, si anak malah tidak makan. Tapi, yang dilakukannya adalah meminum air putih. Bahkan, Anda lebih sering melihat si anak meminum air putih daripada makan sesuap nasi. Jika sudah begitu, maka Anda harus berhati-hati. Mungkin saja si anak mengalami gangguan makan.

4. Menghindari jadwal makan

Setiap malam pastinya anggota keluarga akan berkumpul untuk melakukan makan malam. Tapi, si anak malah beralasan untuk tidur atau menunda jam makannya. Jika sudah begitu, maka petanda si anak mengalami gangguan makan.

5. Mengucilkan diri dari lingkungannya

Ciri yang kelima adalah mengucilkan diri dari lingkungannya. Saat diajak pergi keluar bersama teman-temannya, si anak akan menolak. Penolakan tersebut dilakukannya agar dirinya tidak makan berlebihan yang bisa membuat berat badannya bertambah.

6. Mengonsumsi pil tertentu

Secara diam-diam, si anak mengonsumsi pil tertentu untuk menambah atau menurunkan berat badannya. Jika sudah begitu, maka bisa dikatakan kalau anak Anda mengalami gangguan makan.

7. Olahraga berlebihan

Salah satu cara yang dilakukannya untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal adalah olahraga. Berolahraga memang baik untuk kesehatan. Tapi, jika dilakukan secara berlebihan, maka bisa membahayakan diri sendiri. Untuk itu, nasihatilah anak Anda jika dirinya berolahraga berlebihan.

8. Memakai baju kebesaran

Untuk menutupi lemak di tubuhnya, si anak selalu mengenakan pakaian kebesaran. Setiap di rumah atau ingin pergi bersama temannya, si dia selalu mengenakan baju kebesaran.

Itulah ciri-ciri anak yang mengalami gangguan makan. Jika si anak sudah berperilaku seperti itu, maka sebagai orangtua Anda harus bisa menasihatinya. Bagaimanapun juga gangguan makan pada anak sangat tidak baik untuk kesehatannya. (NR)

Comment di sini