Di Bogor, Tanaman Bahan Narkoba Raffi Ahmad Tumbuh Subur

by
February 4th, 2013 at 11:17 am

Bogor (CiriCara.com)Khat, tanaman yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan terkait kasus narkoba Raffi Ahmad ternyata adalah lalapan favorit orang Arab.

Diberitakan oleh Tempo.co, menurut salah seorang warga di Desa Tugu Selatan, kawasan Cisarua, Bogor pucuk daun tanaman khat biasanya dikonsumsi turis dari Timur Tengah sebagai lalapan yang bisa menangkal diabetes dan membakar lemak.

Perth Now

Perth Now

Namun faktanya, pohon khat adalah tanaman yang daunnya biasa digunakan untuk membuat narkoba jenis katinona (cathinone). Baru-baru saja, narkoba jenis katinona ini ditemukan di rumah Raffi Ahmad saat BNN menggeledah rumahnya, Minggu, 27 Januari 2013 lalu.

Di Puncak, pucuk daun khat dijual seharga Rp. 30-Rp. 50 ribu untuk seperempat kilogram. Sementara 1 kilogram daun khat bisa dijual seharga Rp. 200-Rp. 300 ribu.

Sekitar 3 tahun lalu, harga seperempat kilogram pucuk daun khat bisa mencapai Rp. 100 ribu. Kini, harga tersebut turun karena sudah banyak warga sekitar yang menanam tanaman serupa.

Sementara itu menurut warga lokal lain bernama Lukman, ia juga sering memakan daun khat namun tidak pernah mengalami mabuk karenanya.

“Tapi saya enggak mabuk tuh,” katanya seperti dikutip oleh Tempo.co.

Lukman mengaku pernah menanam pohon khat di pekarangan. Tetapi setelah BNN menyatakan bahwa daun khat merupakan salah satu bahan pembuat narkoba, ia lalu mencabuti tanaman setinggi 30 cm tersebut.

Daun khat mengandung zat cathinone yang merupakan zat psikotropika yang terdapat dalam tumbuhan catha edulis. Tumbuhan sejenis ini banyak di temukan di negara Azerbaijan.

Tanaman khat bisa dikonsumsi langsung dengan cara dikunyah. Bila dilihat dari strukturnya, cathinone memiliki struktur yang mirip dengan jenis narkoba yang lebih populer di Indonesia yaitu amphetamine.

Cathinone diduga memiliki efek yang sama pada pengguna yaitu untuk membangkitkan stamina. Para pengguna cathinone akan merasakan euforia, nafsu makan hilang, dan berhalusinasi. (RN)

Comment di sini