Jutaan Data Pengguna Apple di Inggris, Disadap Google

by
February 4th, 2013 at 3:04 pm

Google dituntut oleh puluhan pengguna produk Apple CiriCara.com – Para pengguna Apple di Britania Raya sedang naik pitam terhadap salah satu mesin pencari raksasa di dunia maya, yaitu Google.

Dailymail.co.uk mengabarkan bahwa Google digugat oleh puluhan pengguna Apple karena dianggap telah menyadap berbagai informasi dan data pribadi dari jutaan pengguna produk-produk Apple.

Pasalnya, Google telah berjanji dan memberikan jaminan bahwa tidak akan mengumpulkan data dari mereka-mereka yang menggunakan mesin pencari besutan Apple, Safari. Namun nyatanya?

Perusahaan besar ini diduga mengumpulkan data dari setiap situs yang pernah dikunjungi oleh pengguna internet, dengan cara merekam aktivitas terakhir mereka pada situs yang dikunjungi tersebut dan menyimpan data-data mereka termasuk hal-hal penting seperti pendapatan orang tersebut.

Data pengguna iPad, iPhone, dan Mac disadap Google

Alhasil, lebih dari 10 juta orang menjadi korban bombardir email, telepon, dan pesan singkat yang berisi tentang iklan pakaian, majalah, pinjaman bank, dan lain-lain yang ternyata terhubung dengan situs internet yang mereka kunjungi melalui iPad, iPhone, dan laptop.

Salah seorang korban yang sekaligus ahli teknologi informasi, Marc Bradshaw memeriksa instruksi di situs Google, untuk menghentikan mengumpulkan data dari iPhone-nya, tetapi pihak Google mencoba berkelit bahwa itu hanyalah sekadar eror pada program.

Diyakini, kasus tuntutan terhadap Google ini bisa menjadi kasus terbesar di sepanjang sejarah hukum Inggris.

Sebelumnya, Google juga pernah tertimpa kasus serupa di Amerika pada tahun lalu (2012) yang menyebabkan perusahaan besar ini didenda sebesar 14,5 juta dollar AS (sekitar 140 miliar rupiah) dan diberi peringatan keras oleh U.S Trade Commission (Badan Komisi Perdagangan AS).

Terkait kasus pengintaian yang dilakukan terhadap jutaan pengguna Apple, pihak Google masih menolak untuk memberikan keterangan. (yk)

Daily Mail

Comment di sini