Sindrom Aneh Sebabkan Bocah 5 Tahun Ini Tidak Bisa Tersenyum

by
February 4th, 2013 at 4:01 pm

CiriCara.com – Kalau Maddison Gill mengalami kelainan langka yang menyebabkannya tidak dapat menangis, mengisap, menelan, bahkan batuk; sedangkan bocah 5 tahun yang bernama Isaac Hughes ini tidak bisa berekspresi.

Cascade News/Daily Mail

Cascade News/Daily Mail

Akan tetapi, penyebab kelainan yang dimiliki oleh Isaac diketahui, berbeda dengan kelainan pada Maddison yang tidak teridentifikasi.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Isaac mengalami sindrom Moebius yang mengakibatkan kelumpuhan total pada otot wajahnya sehingga dia tidak bisa berekspresi, seperti tertawa, tersenyum, dan sebagainya. Ini adalah sebuah kondisi yang tidak dapat diobati.

Parahnya lagi, bukan hanya tidak bisa berekspresi, tetapi kemampuannya mengedipkan mata dan kemampuan berbicaranya pun terganggu akibat sindrom yang dialami oleh sekitar 200 orang di Britania Raya.

Penyakit ini ditemukan oleh seorang neurologist asal Jerman, Paul Julius Mobius pada tahun 1888.

Sindrom Moebius ini kelainan sejak lahir dan mempengaruhi beberapa saraf cranial, sehingga seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, otot wajah si penderita tidak dapat berfungsi; yang berikutnya mengarah pada ketidakmampuan berekspresi, kesulitan mendengar, mata yang sensitif karena tidak mampu berkedip, dan kehilangan jari tangan maupun kaki.

Isaac Hughes alami kelainan yang membuatnya tidak bisa tersenyum

Disebutkan bahwa beberapa gejala masih dapat diatasi dengan operasi, namun, untuk kasus yang dialami Isaac, operasi pun tidak akan membawa hasil apa-apa.

Dibenarkan oleh sang ibu, Ceridwen, melihat keadaan Isaac setiap hari membuatnya frustrasi menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Dia tidak bisa mengetahui perasaan putra keduanya itu, karena Isaac pun terbatas dalam menggunakan kata-kata.

Akan tetapi, sedikit pencerahan datang pada orangtua Isaac, yaitu pasangan Philip Hughes dan sang istri, Ceridwen. Ceridwen menemukan sebuah proyek penelitian untuk sindrom Moebius tersebut, yang bernama Moebius Research Trust.

Pasangan suami-istri ini sedang berusaha untuk menggalang dana bagi penelitian ini. Mereka juga mengajak pamannya Isaac, David Baynton-Power yang adalah anggota band Rock, James tahun 1990-an, untuk berpartisipasi menggalang dana sebesar 250.000 poundsterling (sekitar 3 miliar rupiah). Semoga proyek penelitian itu dapat segera memberikan titik terang bagi masalah yang dihadapi Isaac.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini