Tidak Ditahan, Anak Hatta Rajasa Hanya Dikenai Wajib Lapor

by
February 4th, 2013 at 4:01 pm

Jakarta (CiriCara.com)Rasyid Amrullah Rajasa, anak bungsu dari Hatta Rajasa yang terlibat kecelakaan maut pada  Selasa, 1 Januari 2013 telah selesai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, selama tiga jam hari ini, Senin, 4 Februari 2013.

VIVAnews

VIVAnews

Diberitakan oleh Kompas.com, usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Jakarta Timur itu, Rasyid hanya dikenakan wajib lapor. Nantinya, selama seminggu sekali putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa itu harus melapor diri.

“Tadi sudah dilakukan penyerahan berkas pemeriksaan tahap dua. Setelah melalui pemeriksaan tersebut, terkait penahanan, Jaksa Penuntut Umum pada Kejari Jaktim tidak melakukan penahanan terhadap tersangka,” kata Andi Herman, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur kepada Kompas.com, Senin, 4 Februari 2013.

Menurut Andi, ada beberapa pertimbangan yang diberikan kepada Rasyid Rajasa sehingga ia tidak ditahan. Pertama berdasarkan hasil pemeriksaan medis yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Rasyid dinyatakan memerlukan pengobatan terapi atau psikoterapi secara berkala.

Alasan kedua adalah karena sejak awal tidak dilakukan penahanan dari pihak penyidik. Karena pihak penyidik tidak menahan maka Jaksa Penuntut Umum juga tidak menahan tersangka.

Sedangkan alasan lainnya adalah adanya itikad baik yang diberikan oleh tersangka dan keluarga dalam memberikan bantuan dan santunan kepada keluarga korban berikut pernyataan seluruh korban yang menyatakan bahwa seluruh permasalahan sudah selesai.

Dengan adanya ketiga alasan di atas, Jaksa Penuntut Umum mempertimbangkan tersangka untuk mengikuti kelanjutan proses hukum berupa wajib lapor.

Saat menjalani pemeriksaan hari ini, Rasyid datang bersama sang ibu, Okke dan kuasa hukumnya, Riri Purbasari Dewi.

Nama Rasyid Rajasa mencuat setelah ia menabrak mobil Luxio pada tanggal 1 Januari 2013 lalu. Mobil BMW hitam milik Rasyid bernopol B 272 HR melaju dengan kecepatan 100 km/jam dan menabrak Daihatsu Luxio hitam dengan nomor polisi F 1622 CY yang dikemudikan oleh Frans Sirait.

Karena peristiwa ini, dua orang korban tewas dan beberapa orang lainnya luka-luka. Korban yang tewas adalah Harun (57) dan balita bernama Raihan (1,5). (RN)

Comment di sini