Video: Cara Unik Astronot Mencuci Tangan

by
February 4th, 2013 at 9:09 am

CiriCara.com – Sebelumnya, pernah diberitakan bagaimana seorang astronot asal Kanada, Chris Hadfield membuka penutup kaleng kacang di stasiun luar angkasa.

YouTube/Daily Mail

YouTube/Daily Mail

Kalau kacang saja langsung melayang-layang di luar angkasa, bagaimana kalau astronot harus mencuci tangan ya?

Kali ini, Chris mengungkapkan cara para astronot pada umumnya untuk mencuci tangan saat berada di luar angkasa yang notabene tidak ada gravitasi.

Agen luar angkasa Kanada ini menunjukkan sebuah sabun yang tidak perlu dibilas. Itulah yang dipakai para astronot untuk melakukan kewajiban penting mereka, yaitu bersih-bersih diri.

Kemasan sabun tanpa bilas inipun dibuat berbeda, dengan semacam sedotan di ujungnya. Dengan menekan bagian tengah kemasan tersebut, maka sabun yang berbentuk gel kental akan keluar melalui sedotan tersebut.

Uniknya, sabun itu akan menggumpal seperti bola, dan langsung melayang-layang menuju ke atap stasiun luar angkasa tersebut. Oleh karena itu, para astronot yang menggunakannya harus bergerak cepat, untuk menangkap sabun yang melayang-layang itu dengan tangan mereka.

Ketika gumpalan sabun itu sudah di tangan, segeralah mengusapkannya ke seluruh permukaan tangan. Ketika sudah selesai Chris menunjukkan bahwa cukup dengan menggunakan handuk kering, tangannya sudah kembali bersih.

Akan tetapi, handuk yang dia gunakan itu, digantung supaya kering kembali, dan butiran air yang menguap bisa dipergunakan kembali nantinya.

Jika penasaran seperti apa cara mencuci tangan para astronot, simaklah video Chris Hadfield di bawah ini:

Betapa uniknya kehidupan para astronot di luar angkasa saat mengerjakan sebuah proyek penelitian sehingga mereka harus bertahan dengan keadaan tanpa gravitasi setiap harinya. (yk)

Daily Mail

Comment di sini