Video: Uniknya Seni Lukis Gula Karamel di China

by
February 4th, 2013 at 1:55 pm

Szechuan (CiriCara.com) – Di zaman sekarang ini, orang-orang semakin kreatif untuk mengekspresikan jiwa seni mereka. Salah satunya adalah seniman Taiwan yang menjadikan butiran beras sebagai kanvas. Keunikan karya seni lukis juga terjadi di dataran China.

Oddity Central

Oddity Central

Yaitu, seni lukis dengan gula karamel. Kita tahu bahwa umumnya, para pelukis pasti menggunakan perpaduan warna-warna pada cat warna saat mereka melukis obyek di atas kanvas.

Sedangkan seni lukis ini menggunakan gula karamel, dan sudah ada sejak zaman Dinasti Ming. Pada masa itu, hasil karya lukisan dengan gula karamel ini dibuat menyerupai bentuk-bentuk hewan ataupun figur lainnya sebagai bagian dari ritual pengorbanan adat.

Kemudian, pada masa kekuasaan Dinasti Qing, seni lukis dengan menggunakan gula karamel ini menjadi lebih populer, teknik yang digunakan pun sudah lebih baik, serta obyek yang lebih banyak dilukis adalah tentang alam, kehidupan liar, dan keagamaan.

Para seniman menggunakan kuali dan sendok perunggu untuk melelehkan gula hingga menjadi karamel. Kemudian mereka akan mulai melukis obyek yang dipesan di atas batu marmer.

Batu marmer yang cenderung menimbulkan nuansa dingin itu, membuat gula karamel panas yang dituangkannya menjadi cepat mengeras. Setelah gula mengeras, si pelukis akan menggunakan sejenis sekop kecil untuk melepaskan hasil karyanya dari batu marmer dan memberikannya pada pelanggan.

Seni melukis dengan menggunakan gula karamel memiliki teknik yang sedikit berbeda dibandingkan seni lukis biasa. Pasalnya, gula karamel tersebut sudah memiliki sifat yang cepat dingin, apalagi kanvasnya adalah batu marmer. Dengan kata lain, si pelukis harus melukis obyeknya dengan cepat dan tepat.

Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa sebelum seseorang bisa melukis dengan gula karamel, orang tersebut sudah harus mahir dalam melukis normal dengan cat warna.

Seni lukis dengan menggunakan gula karamel ini dapat ditemui di provinsi Szechuan, China; dan harga jualnya relatif murah, yaitu 3 – 5 yuan (sekitar 4.500 – 7.000 rupiah).

Penasaran bagaimana seniman melukis dengan gula karamel? Lihatlah video-video di bawah ini:

(yk)

Oddity Central

Comment di sini