6 Aplikasi Smartphone Terbaik Untuk Edit Foto

by
February 5th, 2013 at 3:10 pm

photo_editorCiriCara.com – Namanya ponsel pintar memang harus dapat digunakan untuk berbagai fungsi, salah satu fungsi yang sering ditonjolkan ponsel pintar terkini adalah fungsi menangkap gambar lewat kamera digital yang tertanam pada ponsel.

Saat ini kualitas “jepretan” kamera ponsel terkini sudah bisa dibandingkan dengan kualitas jepretan kamera digital produksi beberapa tahun lalu. Bahkan ponsel pintar terkini tidak hanya mampu mengambil gambar saja, namun juga hadir dengan fungsi editing  seperti yang biasa dilakukan menggunakan komputer rumahan.

Yang kita bicarakan di sini bukan hanya editing sederhana seperti menggonta-ganti filter, menghilangkan efek red eye, menambah kolom teks, dsb, tapi lebih dalam lagi yakni meningkatkan kualitas gambar seperti gambar tersebut sudah diedit secara professional dengan software yang mumpuni.

Ada beberapa aplikasi editing gambar pada ponsel pintar yang bisa dipilih untuk melakukannya dan bahkan beberapa di antaranya menyediakan fasilitas yang memampukan Anda berbagi hasil edit ke kanal jejaring sosial kesukaan Anda.

Berikut ini adalah 6 aplikasi editing gambar terbaik untuk  ponsel pintar Anda:

1. Camera+

mzl.pjgmrbsv.320x480-75

Aplikasi Camera+ dibuat bukan hanya untuk edit gambar tapi juga untuk menangkap gambar. Dalam fungsi pengambilan gambar, Camera+ dilengkapi dengan fitur stabilizer yang berguna untuk mencegah efek blur pada hasil pengambilan karena pergerakan. Fitur 6x pembesaran gambar pun tersedia agar pada hasil gambar terasa lebih dekat dengan objek foto.

Pada fungsi edit gambar, Camera+ memiliki banyak efek, filter, dan border yang sudah tersedia di dalam aplikasinya untuk memberikan sentuhan akhir yang manis pada foto. Setelah proses sunting  gambar selesai, bila Anda ingin Anda dapat membaginya secara instan ke kanal jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Flickr dengan fasilitas bawaan aplikasi Camera+. 

2. PicsPlay Pro – FX Photo Editor

a

Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Android dan di dalamnya Anda dapat menggunakan lebih dari 200 fungsi pengaturan gambar yang memudahkan Anda dalam melakukan proses editing  selayaknya profesional. Tema edit gambar bawaan juga tersedia seperti HDR, blur, vintage, dan hitam putih, tidak lupa fitur pengaturan cahaya secara langsung juga sudah tertanam di mana akan memudahkan Anda dalam menghasilkan gambar sesuai keinginan Anda.

Seperti Camera +, Anda juga bisa berbagi hasil edit Anda lewat kanal jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

3. Pixlr-O-Matic

Pixlr-o-matic

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 efek, 280 filter, dan 200 bingkai foto yang berbeda-beda di mana bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas foto seperti yang Anda inginkan. Sepertiaplikasi Camera+, aplikasi ini juga menghadirkan fungsi mengambil gambar dan berbagi ke kanal jejaring sosial. Hasil edit pun dapat disimpan menggunakan resolusi tinggi bila nantiya akan dicetak dengan ukuran besar.

4. PicSay Pro

PicSay Pro – Photo Editor 1.5.0.3

Lebih sederhana dari ketiga aplikasi edit di atas, PicSay Pro tidak terlalu kaya fitur karena hanya dilengkapi dengan fitur edit standar seperti menghilangkan efek red eye, memotong foto, menambah kolom teks, dsb. Namun hal yang sederhana ini yang menjadikan PicSay Pro mudah digunakan dan menjadi pilihan di saat Anda membutuhkan edit cepat, mudah, dan berkualitas

5. Filterstorm

filterstorm

Tampaknya aplikasi ini adalah aplikasi yang paling mumpuni untuk mengedit foto pada ponsel pintar. Hadir dengan fasilitas layer seperti pada aplikasi editor gambar versi desktop, Filterstorm juga menyediakan pengaturan gambar seperti brush, gradient, color range, vignette, dan pengaturan cahaya. Pengaturan temperatur, kontras dan saturation pada foto juga lengkap tesedia dan tidak lupa fasilitas pemotongan dan pengaturan ukuran gambar agar gambar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

6. Photoshop Express

photoshop

Aplikasi Photoshop kini sudah hadir untuk ponsel pintar, aplikasi Adobe Photoshop Espress ini adalah versi ringan dari yang biasa kita jumpai di perangkat komputer. Fasilitas edit seperti pemotongan foto, filter, efek dan pigura pun sudah tertanam di aplikasi gratis ini. Namun untuk efek, filter dan fasilitas lain yang lebih banyak, Anda dapat membelinya langsung lewat dalam aplikasinya.

Sungguh canggih dan menarik bukan? Pilihlah aplikasi editing yang menurut Anda terbaik, unduh dan mulailah berkarya. (LH)

Comment di sini