CiriCara: Cara Agar Tidak Mudah Sakit

by
February 5th, 2013 at 10:25 am

agar tak mudah terserang penyakitCiriCara.com – Saat ini sebagian orang tak begitu merasa khawatir lagi ketika dirinya terserang penyakit karena sudah banyak obat-obatan yang bisa menyembuhkan penyakit itu. Namun, untuk membeli obat-obatan itu tentunya mengeluarkan uang yang cukup banyak. Selain mengeluarkan uang, Anda juga jadi ketergantungan pada obat tersebut.

Untuk itu, tak ada salahnya Anda melakukan pencegahan agar tak terserang penyakit. Salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk hidup sehat. Lalu, hidup sehat yang seperti apa? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara agar Anda tak mudah terserang penyakit:

1. Bangun pagi

Bangun pagi-pagi setiap harinya merupakan sebuah aktivitas untuk membuat Anda menjadi sehat. Pada pagi hari banyak sekali zat-zat yang berguna bagi tubuh dan hanya ada di pagi hari saja. Selain itu, pada pagi hari Anda juga disarankan untuk menghirup udara segar dan menggerakkan beberapa anggota tubuh.

2. Sarapan pagi

Banyak orang yang menyepelekan sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi itu baik untuk kesehatan dan mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh. Sarapan pagi membuat tubuh menjadi lebih berenergi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, jangan makan berlebihan pada pagi hari karena bisa membuat Anda jadi merasakan kantuk.

3. Konsumsi makanan yang bergizi

Makanan bergizi itu sangat diperlukan tubuh. Untuk itu, biasakan diri agar mengonsumsi berbagai jenis sayuran setiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketahuilah bahwa makanan yang baik bukanlah yang mahal. Maknan yang baik merupakan makanan yang bergizi. Untuk itu, hindari mengonsumsi junk food terlalu sering karena berbahaya bagi tubuh.

perbanyak meminum air putih

4. Hindari stres berlebihan

Beban pikiran yang berlebihan sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh seseorang. Jika Anda mengalami stres berlebihan, maka bisa dengan mudah terserang penyakit. Untuk itu, hindari stres berlebih dan jalani aktivitas Anda sehari-hari dengan penuh riang. Jika sudah bosan dan mulai stres dengan pekerjaan, maka cobalah pergi bersama teman-teman atau keluarga ke suatu tempat yang menyenangkan.

5. Perbanyak meminum air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa membuat kondisi tubuh menurun. Tanda dehidrasi ini bisa dilihat dari urine. Semakin pekat warnanya, berarti tingkat dehidrasinya tinggi. Untuk itu, sering-seringlah meminum air putih yaitu 2 liter per harinya agar kondisi tubuh tetap terjaga.

6. Istirahat yang cukup

Anda disarankan agar tidak terlalu banyak begadang. Begadang bisa membuat sitem imun Anda menurun sehingga penyakit menjadi mudah masuk ke dalam tubuh. Selain itu, begadang juga bisa membuat kantung mata menjadi hitam. Mulai saat ini, jangan biasakan diri begadang dan tidur larut malam. Ciptakan kualitas tidur yang baik dan tidur 7-8 jam per harinya agar kondisi tubuh tetap segar.

7. Membangun hubungan sosial

Sehat bukan hanya mengenai kebugaran jasmani, tetapi jiga hubungan sosial dengan orang lain. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), orang yang tidak pandai membawa diri dan menjadi terasing di tempat tinggalnya bisa dikatakan sedang sakit. Untuk itu, ajaklah tetangga dekat untuk bersosialisasi setiap hari.

Itulah 7 cara agar Anda tak mudah terserang penyakit. Hidup sehat itu penting dan sehat itu mahal harganya. Untuk itu, tetap jaga kondisi kesehatan Anda dengan menerapkan pola hidup yang sehat setiap harinya. (NR)

Comment di sini