CiriCara: Cara Alami Mengatasi Kekenyangan

by
February 5th, 2013 at 3:19 pm

CiriCara.com – Beberapa orang akan menyesal setelah dirinya melahap makan besar dengan ragam menu yang enak. Penyesalannya itu dikarenakan makan yang berlebihan sehingga membuat perutnya terasa sakit. Perut yang sakit akibat kekenyangan itu tentunya membuat diri sendiri tidak nyaman dan malas melakukan aktivitas kembali.

Drozfans

Drozfans

Situasi seperti itu tidak boleh didiamkan lama-lama karena bisa membuat Anda semakin malas untuk beraktivitas dan merasakan kantuk. Jika Anda dalam situasi seperti itu, maka segeralah atasi dengan cara yang tepat.

Dicuplik dari Indiatimes.com berikut cara alami mengatasi kekenyangan:

1. Campuran lemon, jahe, dan madu

Ketiga bahan tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatasi kekenyangan yang dirasa. Caranya, campur dua sendok makan air lemon, jahe, dan madu ke dalam air hangat. Aduk rata, lalu Anda bisa meminumnya setelah makan kekenyangan.

2. Teh bubuk jintan

Ada 2 jenis teh bubuk jintan yaitu teh bubuk jintan putih dan hitam. Teh bubuk jintan putih biasanya digunakan untuk membuat berbagai jenis masakan yang umumnya menggunakan santan. Sementara teh bubuk jintan hitam bisa digunakan sebagai obat. Untuk mengatasi kekenyangan, Anda bisa menikmati 1 sendok teh bubuk jintan yang dicampur dengan segelas air.

lemon hangat

3. Teh hijau

Saat sedang merasa sakit perut akibat kekenyangan, Anda juga bisa meminum teh hijau atau teh herbal. Minumlah secangkir teh hijau yang hangat agar rasa kekenyangan itu bisa segera diatasi.

4. Kompres perut

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kekenyangan adalah mengompres perut dengan es batu. Mengompres perut dengan es batu bisa membuat Anda merasa lebih nyaman saat kekenyangan.

5. Segelas air dan ekstrak peppermint

Selain dua jenis teh tersebut, Anda bisa mencampurkan air putih dengan beberapa tetes ekstrak peppermint setelah makan kekenyangan. Dengan begitu, rasa kekenyangan yang Anda alami akan hilang.

6. Segelas air dan baking soda

Selain ekstrak peppermint, Anda juga bisa mencampurkan segelas air putih dengan satu sendok teh baking soda. Campuran tersebut bisa melancarkan sistem pencernaan Anda.

Itulah cara alami mengatasi kekenyangan. Sebenarnya, makan sampai terlalu kenyang itu tidak dianjurkan. Selain membuat Anda merasa tidak nyaman dan merasa kantuk, kekenyangan juga bisa membawa penyakit. Untuk itu, berhentilah makan sebelum kenyang. (NR)

Comment di sini