CiriCara: Cara Mengatasi Sinyal Lemah Pada BlackBerry

by
February 5th, 2013 at 2:44 pm

blackberry_reception CiriCara.com – BlackBerry adalah ponsel yang memiliki beragam fungsi, namun memang ponsel BlackBerry banyak dipilih karena fitur berkirim pesannya yang sangat bersahabat. Sayangnya kegiatan berkirim pesan dengan ponsel BlackBerry akan sangat terganggu bila sambungan sinyal melemah.

Masalah ini memang kerap mengganggu pengguna ponsel BlackBerry, entah itu hanya menangkap sinyal GSM alias hanya untuk telepon dan SMS atau bahkan seringkali sinyal hilang sama sekali yang ditandai dengan tulisan “SOS” berwarna merah. Tentunya hal ini sangat merugikan, apalagi bila kita mengandalkan ponsel ini sebagai media berkomunikasi yang berhubungan dengan pekerjaan.

Selidik punya selidik, ternyata permasalahan ini dapat terjadi karena dua faktor, yakni faktor dari luar dan faktor dari dalam ponsel BlackBerry itu sendiri. Berikut ini beberapa penyebab “loyo”-nya sinyal ponsel BlackBerry.

  • Masalah lemah sinyal dapat terjadi karena komponen penerima sinyal dalam ponsel BlackBerry rusak, maka penerimaan sinyal menjadi terganggu, lemah bahkan sering terputus. Komponen ini termasuk receiver, antena, dsb.
  • Dari faktor luar, permasalahan ini juga kerap terjadi pada BlackBerry yang tidak didukung koneksi seluler yang kuat di daerah tertentu, alias sinyal penyedia layanan seluler yang digunakan lemah. Masalah ini juga dapat disebabkan oleh faktor bangunan, di mana pengguna sedang berada di lantai bawah sebuah gedung, di dalam lift atau di dalam ruangan yang temboknya baja cor beton.

Guna mengatasi hal-hal di atas, ada beberapa cara yang dapat dicoba demi lancarnya komunikasi pengguna ponsel BlackBerry. Tertarik? Ikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Pertama, pengguna dapat membongkar tutup belakang ponsel dan membersihkan area tempat penerimaan sinyal seperti wilayah antena yang mungkin saja kotor.
  • Kedua, pengguna bisa mencari masukan atau referensi mengenai penyedia layanan seluler manakah yang memiliki sambungan sinyal terkuat di daerah biasa pengguna beraktifitas, lalu mencobanya.
  • Terakhir, pengguna dapat menggunakan aplikasi SignalBooster yang berguna untuk memantau penerimaan sinyal seluler dan yang utama adalah meningkatkan kekuatan penerimaan sinyal. Aplikasi ini amat mudah diinstal, tidak memerlukan perangkat tambahan dan mudah digunakan.

Aplikasi berbayar ini dapat diunduh langsung melalui ponsel BlackBerry lewat BlackBerry App World. Semoga tips ini berguna bagi pengguna BlackBerry dalam mengatasi permasalahan lemah sinyal. (LH)

Comment di sini