CiriCara: Cara Menghias Rumah Menjelang Imlek

by
February 5th, 2013 at 9:06 am

menjelang perayaan ImlekCiriCara.com – Tepat tanggal 10 Februari 2013 nanti warga keturunan Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, seperti membersihkan rumah, patung, Vihara, membeli pakaian, pernak-pernik, dan lain sebagainya.

Ketika menyambut Tahun Baru Imlek ini, sebagian besar warga keturunan Tionghoa pastinya akan menyambut dengan riang gembira. Salah satu cara yang dilakukan untuk menyambut imlek adalah menghias rumah dengan pernak-pernik khas Imlek. Lalu, apakah Anda sudah melakukannya?

Jika belum, maka ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mempercantik rumah. Dilansir Ehow.com, inilah cara menghias rumah menjelang Imlek:

1. Hiasi dengan ornamen bernuansa emas dan merah

Warna merah dan emas biasanya menjadi warna khas saat merayakan imlek karena merupakan simbol keberuntungan dan rejeki. Untuk itu, hiasi rumah Anda dengan ornamen bernuansa merah dan emas. Mulai dari taplak meja, sapu tangan, gorden, keset, hingga pakaian yang Anda kenakan.

2. Menggantungkan lampion

Agar suasana rumah semakin meriah, Anda bisa menggantungkan lampion di perkarangan rumah atau samping pintu masuk. Bila perlu, hiasi lampion dengan pita rumbai, glitter, dan ornamen berkilau agar suasana rumah tambah semarak. Bagi warga Tionghoa, lampion merah menunjukkan simbol kebahagiaan.

persiapan untuk menyambut imlek

3. Tambahkan dekorasi sesuai shio tahun

Jangan lupa juga Anda menambahkan dekorasi sesuai shio tahun. Misalnya, pada tahun 2013 ini bershio ular air. Kabarnya, tahun ini merupakan tahun yang bagus karena banyaknya rezeki yang mengalir seperti air. Untuk itu, Anda bisa menambahkan pernak-pernik yang bergambar ular air di sekitar rumah.

4. Tambahkan bunga

Untuk lebih mempercantik rumah, Anda bisa meletakkan bunga persik untuk keberuntungan atau bunga krisan untuk memperpanjang umur.

5. Membuat ‘pohon uang’

Pohon uang menjadi salah satu benda khas perayaan Imlek. Anda bisa memakai pohon imitasi dan tambahkan beberapa cokelat koin dan angpao di ujung-ujung cabangnya dengan menggunakan benang. Dengan membuat pohon uang tersebut, suasana rumah Anda semakin semarak saat perayaan Imlek nanti.

6. Letakkan lilin merah dan emas

Hiasi bagian tengah meja makan dengan lilin berwarna merah dan emas. Selain itu, tambahkan juga berbagai makanan khas imlek, seperti jeruk keprok, manisan buah, cokelat koin emas, kue keranjang, dan lain sebagainya.

Menghias atau mempercantik rumah dengan pernak-pernik atau benda-benda khas Imlek tentunya akan dilakukan oleh sebagian besar warga keturunan Tionghoa. Untuk itu, tak ada salahnya mencoba tips di atas agar suasana rumah semakin semarak untuk menyambut Imlek. (NR)

Comment di sini