CiriCara: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Laundry

by
February 5th, 2013 at 4:08 pm

bisnis laundryCiriCara.com – Kebutuhan masyarakat akan pakaian bersih dimanfatkan oleh para pengusaha untuk membuka jasa laundry. Apalagi, masyarakat di kota besar seperti Jakarta, di mana kesibukan mereka seringkali membuatnya tak sempat untuk mencuci pakaian. Solusinya, mereka akan menyerahkan semua pakaiannya itu untuk dicuci ke penyedia jasa laundry.

Hal tersebut membuat usaha laundry kian tumbuh pesat. Meskipun sudah banyak penyedia jasa laundry, namun peluangnya cukup besar mengingat pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia selain makanan dan tempat tinggal.

Usaha laundry ini bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang masih berstatus mahasiswa sekalipun. Membuka usaha laundry di lingkungan kampus merupakan salah satu jenis usaha yang digeluti oleh sejumlah mahasiswa sebagai usaha sampingannya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin menggeluti usaha laundry, maka perlu menyimak beberapa tips berikut ini:

1. Menentukan lingkungan yang strategis

Selain lingkungan kampus, Anda perlu mencari tempat lain yang sesuai untuk dijadikan sebagai lokasi bisnis laundry. Misalnya, lingkungan perkantoran yang warganya memiliki tingkat kesibukan yang tinggi sehingga membuat mereka tak sempat mencuci pakaiannya. Selain itu, lingkungan pariwisata juga bisa dijadikan sebagai lokasi bisnis laundry. Namun, jangan membuka bisnis laundry di lingkungan perkampungan karena masyarakatnya lebih suka mengerjakan pekerjaannya sendiri.

2. Mencari partner yang tepat

penyedia jasa laundry

Jika ingin bergabung dengan teman untuk menjalani bisnis laundry, maka carilah partner bisnis yang cocok dengan Anda. Jangan sampai salah mencari partner karena malah akan merugikan diri Anda sendiri saat membagi hasil bisnis.

3. Melakukan promosi

Agar bisnis laundry Anda cepat dikenal oleh masyarakat dan mendapatkan keuntungan, lakukanlah promosi. Anda bisa menawarkan jasa laundry tersebut ke pihak hotel, penginapan, rumah sakit, dan lain sebagainya. Dengan begitu, peluang Anda untuk sukses dalam bidang ini akan semakin luas.

4. Perhatikan saingan

Standar harga yang Anda tetapkan boleh sama dengan para pesaing, namun kualitas harus tetap menjadi hal utama untuk menjaga pelanggan. Misalnya mengenai aroma pakaian, kualitas setrikaan, ketelitian dalam menghitung pakaian yang diberikan pelanggan, dan lain sebagainya. Beberapa pengelola laundry sering ceroboh sehingga pakaian pelanggan hilang begitu saja. Kecerobohan itulah yang membuat pelanggan jadi malas menggunakan jasa laundry di tempat itu.

5. Memiliki kelebihan

Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda harus memiliki kelebihan yang ditonjolkan dari bisnis laundry yang digeluti. Misalnya, bisnis laundry Anda memberikan pelayanan prima melalui layanan antar jemput laundry pakaian. Cara tersebut tentunya akan menarik pelanggan untuk tetap memakai jasa Anda.

Itulah cara sukses menjalankan peluang bisnis laundry. Ketahuilah bahwa konsep bisnis yang unik akan membuat usaha bisnis Anda mampu bertahan. (NR)

Comment di sini