Daftar Lokasi Banjir di Bekasi Akibat Luapan Sungai Cikeas

by

Bekasi (CiriCara.com) – Bekasi kembali terendam banjir kemarin, Senin, 4 Februari 2013 akibat luapan air Sungai Bekasi dan Cikeas. Karena luapan besar tersebut, beberapa titik pemukiman yang dilintasi aliran sungai ikut terendam.

Bekasi Raya

Bekasi Raya

Diberitakan oleh Detik.com, berdasarkan keterangan dari Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Bekasi Kota, ada beberapa titik yang terkena imbas luapan air sungai tersebut.

Misalnya saja di wilayah Kecamatan Jati Asih, banjir sudah merendam kawasan Villa Jati Rasa, Pondok Gede Prmai, dan Kemang Ifi Graha.

“Banjir di Pondok Gede Permai setinggi 3 meter, Villa Jati Rasa banjir setinggi 2 meter, Kemang Ifi Graha setinggi 2 meter kurang,” kata Ketua Forum Tagana Bekasi Kota, Engkus Kustara, kepada Detik.com, Selasa, 5 Februari 2013.

Selain perumahan tersebut, banjir juga melanda kawasan Bekasi Selatan yaitu perumahan Jaka Kencana, Perumahan Depnaker, Delta Mas, dan Perumahan Pekayon serta Pangkalan Bambu. Selain itu, ada tiga kelurahan di Bekasi yang turut terendam antara lain Kelurahan Pekayon Jaya, Marga Jaya, dan Jaka Setia.

Tidak hanya berkisar pada komplek perumahan, banjir juga merendam RW 4 Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawa Lumbu, dan RW 26 Kelurahan Margahayu Raya Kecamatan Bekasi Timur.

Debit air besar yang tidak lagi bisa ditampung oleh Sungai Bekasi dan Cikeas membuat air yang berada di sungai itu meluap keluar dan menggenangi pemukiman warga.

Sementara itu, pasca banjir besar yang melanda Bekasi pada pertengahan Januari lalu, pemerintah setempat sudah membuat tanggul sementara untuk menahan aliran air yang besar. Namun tanggul yang terbuat dari bronjong itu akhirnya jebol karena air sudah tidak bisa tertampung lagi.  (RN)


comments powered by Disqus