Dituding Gelapkan Pajak, Presiden SBY Prihatin

by
February 5th, 2013 at 11:36 am

Presiden SBYJakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya memberikan keterangan resminya terkait pemberitaan soal isu penggelapan pajak. SBY secara tegas mengatakan bahwa keluarganya telah membayar pajak sesuai ketentuan.

“Saya prihatin keluarga saya yang bekerja seperti ini dengan harta yang bisa kami pertanggungjawabkan, dianggap tidak taat membayar pajak,” kata SBY dalam konferensi pers di Jeddah, Arab Saudi, Senin (4/2/2013).

Terkait dengan dokumen yang diberitakan The Jakarta Post, Presiden SBY mengungkapkan bahwa dokumen tersebut berbeda dengan yang ia berikan kepada Ditjen Pajak. Namun sayang, SBY enggan merinci jumlah harta yang dilaporkannya ke Ditjen Pajak.

“Saya beri tahu bahwa apa yang dimuat di Jakarta Post itu tidak sama persis dengan data yang ada di Ditjen Pajak. Tentu bukan wilayah saya (menjelaskan jumlah pajaknya),” jelas SBY.

Presiden SBY menjelaskan, sebagai pejabat negara dirinya dan keluarganya telah melaporkan seluruh harta kekayaan yang dimiliki. Proses pembayaran pajaknya pun dilakukan dengan teliti sesuai dengan jumlah harta yang dimiliki.

“Prosesnya juga akuntabel, setelah saya isi kewajiban saya, saya minta tolong dicek apa ada yang kelewatan, apa ada yang lebih atau kurang, karena saya tidak ingin ada satu rupiah yang kurang,” tutur SBY, seperti dikutip dari Tempo.co, Selasa (5/2/2013).

Mengenai harta anaknya, SBY menjelaskan bahwa mereka sudah mempunyai penghasilan sendiri-sendiri. Meski pelaporan pajaknya dalam berkas yang berbeda, SBY yakin bahwa anak-anaknya telah membayar pajak sesuai dengan kewajiban mereka.

“Itu dua-duanya membayar pajak dan sudah diverifikasi Ditjen Pajak,” kata SBY.

Sebelumnya dalam berkas yang dilansir The Jakarta Post, laporan jumlah kekayaan Presiden SBY tidak sebanding dengan laporan jumlah pajaknya. The Jakarta Post mengklaim bahwa dokumen tersebut asli milik Presiden SBY dan keluarganya.

Dalam dokumen tersebut juga terlihat laporan kekayaan anak Presiden SBY, Edhie “Ibas” Baskoro dan Agus Yudhoyono. Karena terdapat perbedaan, sejumlah pihak pun menilai bahwa SBY dan keluarganya tidak membayar pajak.

(YG)

Comment di sini