Foto: Olimpiade Unik Penduduk Desa di India

by
February 5th, 2013 at 10:36 am

CiriCara.com – Ajang kejuaraan olahraga bergengsi seperti Olimpiade tentu menjadi pusat perhatian penduduk dunia.

Umumnya, Olimpiade yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini, akan mengundang rasa penasaran setiap orang dari berbagai negara untuk menyaksikan kejuaraan olahraga yang mempertandingkan berbagai cabang olahraga yang ada.

Akan tetapi, Olimpiade versi warga pedesaan di India berikut ini, sangat berbeda dengan Olimpiade yang diadakan di Inggris pada 2012 lalu.

Olimpiade unik di India ini sering disebut sebagai India’s Rural Olympics. Pertandingan dalam olimpade tersebut sangat berbeda, karena tidak mempertandingkan cabang-cabang olahraga seperti atletik, akuatik, dan sebagainya.

Melainkan, pertandingan yang mempertontonkan ketahanan fisik seperti dilindas oleh traktor yang biasa digunakan untuk pertanian, mengangkat bajak sawah dengan mulut, mengangkat tumpukan batu bata dengan gigi, perlombaan atraksi motor, dan sebagainya.

Meski kedengarannya mengerikan, banyak pula orang-orang yang mau berpartisipasi di dalamnya, baik itu menjadi peserta, maupun sekadar menontonnya dari kejauhan.

Tercatat lebih dari 4.000 “olahragawan” yang mengikuti olimpiade yang diadakan setiap bulan Februari ini. Para olahragawan yang berpartisipasi terdiri dari remaja, ataupun para pensiunan.

Konon, nama asli untuk olimpiade unik ini adalah Kila Raipur Sports Festival (Festival Olahraga Kila Raipur). Kila Raipur sendiri merupakan nama desa, tempat kejuaraan tersebut diselenggarakan.

Sejak tahun 1933, acara ini selalu dilakukan sebagai perayaan kehidupan warga desa dalam sejarah pertanian India. Dan acara yang berlangsung selama 3 hari ini sudah menjadi bagian penting dalam budaya Punjab di India.

Berikut beberapa foto perlombaan yang diadakan dalam olimpiade India tersebut.

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

EPA

EPA

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

ZUMA/Rex Features

AFP/Getty Images

AFP/Getty Images

(yk)

Daily Mail

Comment di sini