Skandal Pengaturan Skor Juga Terjadi di Liga Champions

by
February 5th, 2013 at 9:21 am

Bola Liga Champions 2012Belanda (CiriCara.com) – Kepolisian Eropa, Europol berhasil mengungkap skandal besar di dalam kompetisi sepakbola Eropa. Salah satu kompetisi yang dilanda skandal tersebut adalah Liga Champions dan juga kualifikasi Piala Dunia.

Menurut Direktur Europol, Rob Wainwright, pihaknya telah menemukan sindikat skandal pengaturan skor di dunia sepakbola Eropa. Jaringan “penjahat” tersebut melibatkan 425 ofisial pertandingan, seperti direktur klub, pemain, wasit, dan ofisial lapangan lainnya.

“Kami telah menemukan sebuah jaringan kriminal yang luas,” ujar Wainwright dalam konferensi persnya di Den Haag, Belanda, Senin (4/2/2013) waktu setempat. Menurutnya, jumlah pelaku kejahatan tersebut lebih banyak dari yang sebelumnya.

Meski sudah menyelidiki kasus tersebut selama 18 bulan, sejak Juli 2011, Europol belum juga merinci pertandingan mana saja yang terlibat skandal. Europol hanya mengungkapkan bahwa pertandingan yang terlibat skandal pengaturan skor Liga Champions digelar di Inggris.

Direktur Europol, Rob Wainwright. Foto: Thehagueonline.com

Direktur Europol, Rob Wainwright. Foto: Thehagueonline.com

Pengaturan skor sebagian besar terjadi di kejuaraan di Turki, Jerman, dan Swiss. Europol mencatat ada ratusan pertandingan yang diidentifikasi terlibat dalam skandal pengaturan skor. “Tentu saja juga masih diinvestigasi,” kata juru bicara Europol.

Menurut Wainwright, pihak Europol mencatat sedikitnya ada 380 pertandingan yang diduga terlibat dalam skandal pengaturan skor. Di antaranya juga termasuk pertandingan Liga Champions dan juga kualifikasi Piala Dunia.

Berbeda dari skandal sepakbola Italia, hingga saat ini pihak Europol belum mengungkapkan siapa saja yang jadi tersangka dalam kasus tersebut. Europol masih melakukan penyelidikan guna menambah bukti.

Sebelumnya, skandal pengaturan skor di Liga Italia terungkap oleh penyidik setempat. Sejumlah nama pelatih dan juga pemain bintang ditetapkan sebagai tersangka dalam skandal tersebut. Pengadilan tertinggi Serie A juga telah mengeluarkan larangan bermain untuk para tersangka.

Siapa saja yang akan terseret dalam kasus skandal pengaturan skor di Liga Champions?

(YG)

Comment di sini